• Minggu, 2 Oktober 2022

Ucapkan Selamat Koalisi Gerindra-PKB Terbentuk, Demokrat: Kami Intens dengan PKS-NasDem

- Minggu, 14 Agustus 2022 | 10:30 WIB
Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra saat menemani Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono bertemu dengan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh  (Instagram @herzakymahendra)
Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra saat menemani Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono bertemu dengan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh (Instagram @herzakymahendra)

Watyutink.com - Partai Demokrat mengucapkan selamat atas terbentuknya koalisi antara Partai Gerindra dan PKB. Koalisi tersebut menjadikan kedua partai bisa mengusung pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden (Capres - Cawapres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 karena sudah melewati ambang batas Presidential Threshold (PT) 20 persen

Berdasarkan hasil Pemilu 2019, Partai Gerindra meraih 78 kursi di DPR RI atau 13,57 persen. Sedangkan, PKB memperoleh 58 kursi atau 10,09 persen. Sehingga koalisi yang bernama 'Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya' itu kini mempunyai perolehan suara 23,66 persen.

"Selamat untuk teman-teman Gerindra dan PKB yang telah meresmikan koalisinya. Secara hitung-hitungan kursi parlemen, telah memenuhi syarat ambang batas presiden untuk mengajukan capres dan cawapres di Pilpres 2024. Kami doakan koalisi dan kebersamaannya bisa tetap solid dan lancar," ujar Kepala Badan Komunikasi Strategis (Bakomstra) DPP Partai Demokrat (PD) Herzaky Mahendra Putra.

Saat berbicara dengan awak media, Sabtu 13 Agustus 2022, Herzaky menjelaskan Partai Demokrat saat ini tengah menjalin komunikasi intens dengan Partai NasDem dan PKS. Komisi tersebut menurut Herzaky menjadi jalan menuju terbentuknya koalisi ketiga partai.

"Seperti yang disampaikan oleh Ketum AHY (Agus Harimurti Yudhoyono), kami memang lebih intens berkomunikasi dengan Nasdem dan PKS," kata Herzaky.

Menurutnya, beberapakali pertemuan membahas kerjasama ketiga partai. Meski demikian Herzaky tidak bisa memastikan kapan koalisi Demokrat-NasDem-PKS akan diresmikan dan dideklarasikan. Ia menyebut bisa jadi pengumuman resmi terbentuknya koalisi akan dilakukan akhir tahun ini atau awal tahun depan. Herzaky meminta semua pihak bersabar menunggu pengumuman resmi ketiga partai.

"Untuk pengumuman koalisi, dengan siapa nantinya, kami bersama mengusung capres dan cawapres, Ketum AHY juga sudah menyampaikan. Kemungkinan akhir tahun ini atau awal tahun depan. Kan sudah dekat juga. Ditunggu saja," tuturnya.

Politisi asal Kalimantan Barat ini menambahkan politik Indonesia sangat dinamis. Seringkali kepastian langkah dan sikap partai diambil di meni-menit akhir atau last minute. Itulah sebabnya Herzaky menyebut Partai Demokrat juga menjalin dengan partai-partai lain. Hal terpenting bagi partai berlambang Bintang Mercy ini adalah koalisi yang terbentuk bertujuan memperjuangkan perbaikan bangsa dan negara serta untuk kesejahteraan rakyat.

"Yang penting, koalisi yang akan kami bentuk, memperjuangkan perubahan dan perbaikan untuk rakyat Indonesia. Karena harapan rakyat, adalah perjuangan Demokrat," ujar Herzaky.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Kapolri Siap Hadapi Tantangan Ferdy Sambo di PTUN

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 13:30 WIB

Berkas Perkara Sudah P21, Ferdy Sambo segera Disidang

Kamis, 29 September 2022 | 09:00 WIB
X