• Minggu, 2 Oktober 2022

Ditahan di Kejagung, Tersangka Korupsi Rp78 Triliun, Surya Darmadi Janji Ikuti Proses Hukum

- Selasa, 16 Agustus 2022 | 13:00 WIB
Tersangka dugaan korupsi Rp78 triliun Surya Darmadi alias Apeng
Tersangka dugaan korupsi Rp78 triliun Surya Darmadi alias Apeng

Watyutink.com - Tersangka kasus dugaan korupsi PT Duta Palma sebesar Rp78 triliun, Surya Darmadi saat ini dikabarkan sudah ditahan Kejaksaan Agung (Kejagung). Pria berusia 70 tahun yang biasa disapa Apeng ini bakal menjalani masa penahanan selama 20 hari ke depan guna menjalani pemeriksaan. Kabar tersebut disampaikan Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin, Senin 15 Agustus 2022.

"Hari ini kita sedang melakukan pemeriksaan atas Tersangka SD dan kami akan melakukan penahanan untuk 20 hari," kata Jaksa Agung ST Burhanuddin saat memberikan keterangan pers di kantornya di kawasan Blok M, Jakarta Selatan.

Burhanuddin menerangkan Surya Darmadi tiba di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) Tangerang, Banten dari Taipe, Taiwan pada Senin 15 Agustus 2022. Tim Kejagung yang sudah menunggu di bandara langsung membawa Surya Darmadi ke Gedung Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejagung dan tiba sekitar pukul 13.55 WIB.

Burhanuddin menjelaskan Surya Darmadi atau Apeng ditetapkan sebagai tersangka sejak 1 Agustus 2022. Namun Apeng mangkir atau tidak menghadiri 4 kali panggilan. Akhirnya Kejagung pun menetapkan Surya Darmadi sebagai buronan.

Apeng sebenarnya menyampaikan surat penyerahan diri pada 2 pekan lalu. Namun menurut Burhanuddin upaya penyerahan diri batal lantaran pengacaranya berjanji Surya Darmadi akan menyerahkan diri pada akhir pekan lalu.

Surya sebetulnya sudah menyampaikan surat menyerahkan diri ke Kejakgung sejak dua pekan lalu. Namun, upaya menyerahkan diri tersebut baru terealisasi setelah tim pengacaranya mengonfirmasi pernyataan Surya untuk menyerahkan diri pada akhir pekan lalu.

Sementara itu pengacara Surya Darmadi, Juniver Girsang menegaskan kilennya akan mematuhi dan mengikuti semua prosea hukum di Kejagung. Juniver juga membantah Surya Darmadi kabur. Pasalnya menurut Juniver selama berada di luar negeri Surya Darmadi selalu berkomunikasi dengannya.

Sebagai kuasa hukum, Juniver mengaku selalu mengimbau Surya Darmadi menghadiri panggilan Kejagung. Menurutnya hal itu menjadi kesempatan Surya Darmadi melakukan pembelaan diri.

"Ada informasi mengatakan dia kabur, itu tidak benar. Terbukti setelah dipanggil, kemudian berkoordinasi dengan kami, dan kemudian kami imbau untuk hadir untuk membela dirinya," kata Juniver.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Kapolri Siap Hadapi Tantangan Ferdy Sambo di PTUN

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 13:30 WIB

Berkas Perkara Sudah P21, Ferdy Sambo segera Disidang

Kamis, 29 September 2022 | 09:00 WIB
X