• Minggu, 2 Oktober 2022

Luncurkan Uang Kertas Baru, BI Tampilkan 8 Gambar Pahlawan Nasional

- Kamis, 18 Agustus 2022 | 10:30 WIB
Uang kertas baru baru bergambar wajah 7 pahlawan nasional (YouTube Bank Indonesia )
Uang kertas baru baru bergambar wajah 7 pahlawan nasional (YouTube Bank Indonesia )

Watyutink.com - Bank Indonesia (BI) secara resmi meluncurkan uang kertas baru tahun emisi 2022 pecahan Rp1.000 sampai Rp100.000. Peluncuran uang kertas baru dilakukan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Gubernur BI Perry Warjiyo. Menurutnya uang kertas baru resmi menjadi alat pembayaran yang sah di Indonesia.

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim dan mengharapkan ridha Allah Yang Maha Kuasa pada hari ini 18 Agustus 2022 saya bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani dengan resmi meluncurkan tujuh pecahan uang rupiah kertas tahun emisi 2022," ujar Perry dalam video yang ditayangkan di kanal YouTube Bank Indonesia, Kamis 18 Agustus 2022.

Perry menambahkan uang rupiah kertas merupakan simbol kedaulatan negara dan pemersatu bangsa Indonesia.

Sisi belakang uang kertas baru (YouTube Bank Indonesia )

Sementara itu Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani dalam kesempatan yang sama
mengatakan rupiah tak hanya sekadar mata uang. Rupiah menurutnya juga menggambarkan perjalanan sejarah bangsa Indonesia, sejak dari era kemerdekaan sampai saat ini.

Sri Mulyani pun menceritakan sejarah uang Republik Indonesia yang pertama dilahirkan dan disahkan oleh Wakil Presiden pertama RI Mohammad Hatta. Itulah sebabnya menurut Sri Mulyani setiap lembar rupiah mengingatkan masyarakat terhadap sejarah Indonesia.

"Pada 30 Oktober 1946, uang Republik Indonesia dilahirkan dan disahkan waktu itu disampaikan oleh wakil presiden Mohammad Hatta," kata Sri Mulyani.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menegaskan rupiah adalah satu-satunya alat pembayaran yang sah di Indonesia. Oleh karena itu rupiah harus selalu dihormati dan dibanggakan.

"Sudah selayaknya rupiah sebagai alat yang sah harus dihormati dan dibanggakan," jelas Sri Mulyani.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Kapolri Siap Hadapi Tantangan Ferdy Sambo di PTUN

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 13:30 WIB

Berkas Perkara Sudah P21, Ferdy Sambo segera Disidang

Kamis, 29 September 2022 | 09:00 WIB
X