• Minggu, 2 Oktober 2022

Tak Mungkin Tambah Subsidi, Pemerintah Pastikan Harga Pertalite Bakal Naik

- Kamis, 18 Agustus 2022 | 16:00 WIB
Pemerintah pastikan harga Pertalite bakal naik (mypertamina.id)
Pemerintah pastikan harga Pertalite bakal naik (mypertamina.id)

Watyutink.com – Harga harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis Pertalite tampaknya hampir pasti bakal naik. Pasalnya pemerintah dan DPR memastikan tidak akan memberikan subsidi tambahan untuk BBM yang saat ini menjadi pilihan utama sebagain besar masyarakat itu. Tidak adanya tambahan subsidi membuah opsi menaikkan harga Pertalite menjadi satu-satunya langkah yang akan diambil pemerintah.

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Suswijono Moegiarso mengakui BBM dengan Research Octane Number (RON) 90 itu bakal mengalami kenaikan harga jual. Suswijono mengatakan saat ini subsidi energi yang digelontorkan pemerintah mencapai Rp502 triliun. Jumlah itu menurutnya sudah sangat besar. Jika jumlahnya ditambah bakal semakin memberatkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Itulah sebabnya, menurut Suswijono saat memberikan keterangan kepada awak media, Senin 15 Agustus 2022, pemerintah saat ini sedang menghitung, berapa harga Pertalite yang sesuai. Suswijono menambahkan, pemerintah juga mempertimbangkan berbagai opsi. Namun yang pasti tidak dengan mengucurkan tambahan subsidi karena sangat memberatkan APBN.

"Sekarang pemerintah sedang menjajaki opsi-opsi kalau APBN-nya cukup berat," tegasnya.

Suswijono menerangkan pemerintah menargetkan tahun depan defisit APBN bisa ditekan hingga di bawah 3 persen. Target itu tidak akan tercapai jika pemerintah menambah subsidi energi. Itulah sebabnya menaikkan harga jual energi, termasuk Pertalite adalah opsi yang paling mungkin dilakukan.

Suswijono menuturkan langkah tersebut agar gap atau perbedaan antara harga keekonomian dan harga jual saat ini tidak terlalu besar. Ia menambahkan hal itu sebelumnya juga sudah disampaikan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani.

"Supaya gap-nya tidak terlalu tinggi antara harga jualnya, dengan harga keekonomian kan tinggi sekali tuh, dari Rp 7.000 dengan Rp 17.000 (per liter). Solar dari Rp 5.000 dengan Rp 18.000, kan jauh. Kita sedang menghitung apakah perlu opsi kenaikan harga. Kemarin Bu Menkeu (Sri Mulyani Indrawati) sudah menyampaikan," jelasnya.

Suswijono menambahkan saat ini Menkeu Sri Mulyani telah membahas opsi kenaikan harga Pertalite dengan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif. Di bawah koordinasi Menko Perekonomian Airlangga Hartarto harga Pertalite tengah dihitung. Selanjutnya segera diumumkan setelah sebelumnya dilaporkan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Yang pasti kalaupun nanti ada kenaikan, kita persiapkan program-program bansosnya banyak untuk menjaga daya beli dan itu lebih fair karena kalau harga sekarang kan semua orang menikmati yang pakai mobil-mobil ini pun pada beli Pertalite, kalau nanti kita naikan kan bisa kita alihkan untuk subsidi bansos," ungkapnya.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Kapolri Siap Hadapi Tantangan Ferdy Sambo di PTUN

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 13:30 WIB

Berkas Perkara Sudah P21, Ferdy Sambo segera Disidang

Kamis, 29 September 2022 | 09:00 WIB
X