• Minggu, 2 Oktober 2022

Pengamat Desak Bareskrim Periksa Kapolda Metro Jaya Terkait Kasus Brigadir J

- Jumat, 19 Agustus 2022 | 10:30 WIB
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran

Watyutink.com - Bareskrim Polri didesak segera memeriksa Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran. Hal ini terkait dengan upaya Polri mengungkap kasus pembunuhan Brigadir Yoshua Nopryansah Hutabarat atau Brigadir J.

Sampai saat ini Tim Khusus (Timsus) yang dibentuk Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sudah memeriksa 4 perwira menengah (Pamen) Polda Metro Jaya. Mereka dikurung di Markas Komando (Mako) Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat guna menjalani proses pemeriksaan.

Pengamat Kepolisian, Bambang Rukminto menilai Irjen Fadil Imran layak turut diperiksa. Hal itu sesuai Peraturan Kapolri (Perkap) 2 tahun 2022 tentang Pengawasan Melekat di Lingkungan Polri yang ditandatangani Kapolri pada 16 Maret 2022.

"Iya, harus segera diperiksa. Ini sesuai Perkap 2 tahun 2022 tentang Pengawasan Melekat di Lingkungan Polri yang baru ditandatangani Kapolri Jenderal Listyo Sigit pada 16 Maret 2022 lalu," kata Bambang.

Saat memberikan keterangan, Kamis 18 Agustus 2022, peneliti Institute for Security and Strategic Studies (ISESS) menjelaskan Perkap pasal 7 ayat (1) menyebutkan bahwa bila atasan menemukan kesalahan atau pelanggaran, wajib ditindaklanjuti yaitu pembinaan dan penyelesaian disiplin atau kode etik sesuai ketentuan yang berlaku.

Sedangkan Pasal 7 Ayat (2) berbunyi dugaan tindak pidana serahkan kepada fungsi Reskrim. Bambang melanjutkan  pasal 9 mengatakan bahwa atasan yang tidak melaksanakan kewajiban, diberikan sanksi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Itulah sebabnya Irjen Fadil Imran selaku atasan dari 4 Pemen Polda Metro Jaya ayak diperiksa. Menurut Bambang hal itu sebagai wujud konsistensi Kepolisian terhadap aturan yang berlaku.

"Ini soal pelaksanaan Peraturan Kapolri, konsisten atau tidak," ujar Bambang.

Sebelumnya Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan Timsus telah memeriksa 16 perwira Polri dalam kasus pembunuhan Brigadir J. Empat diantaranya adalah Pemen Polda Metro Jaya. Saat ini keempatnya ditahan di tempat khusus (patsus) di Biro Provos Polda Metro Jaya guna menjalani pemeriksaan terkait pelanggaran etik dalam kasus Brigadir J.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Kapolri Siap Hadapi Tantangan Ferdy Sambo di PTUN

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 13:30 WIB

Berkas Perkara Sudah P21, Ferdy Sambo segera Disidang

Kamis, 29 September 2022 | 09:00 WIB
X