• Minggu, 2 Oktober 2022

Pertalite Bakal Dijual Rp10.000 Per Liter, Pertamina: Kami Tunggu Arahan Pemerintah

- Jumat, 19 Agustus 2022 | 16:30 WIB
Pemerintah pastikan harga Pertalite bakal naik (pertamina.com)
Pemerintah pastikan harga Pertalite bakal naik (pertamina.com)

Watyutink.com - Pihak Pertamina akhirnya buka suara soal rencana kenaikan harga bahan bakar minyak BBM bersubsidi jenis Pertalite. Terutama terkait besaran harga jual Pertalite nantinya setelah dinaikkan. Sempat beredar kabar BBM dengan Research Octane Number (RON) 90 ini bakal dijual seharga Rp10.000 per liter atau naik Rp2.350 dari harga semula.

Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting mengatakan sampai saat ini pihaknya belum bisa mengatakan berapa nantinya harga jual Pertalite. Irto hanya bisa memastikan Pertamina masih menjual Pertalite seharga Rp7.650 per liter.

"Saat ini harga Pertalite masih tetap Rp 7.650 sebagaimana ditentukan pemerintah," ujarnya.

Saat memberikan keterangan Jumat 19 Agustus 2022, Irto menuturkan pihaknya masih menunggu arahan pemerintah terkait harga Pertalite. Menurutnya kewenangan soal harga jual BBM bersubsidi berada di tangan regulator. Sedangkan PT Pertamina Patra Niaga hanya akan menjual BBM dengan harga yang ditentukan pemerintah.

"Sementara kami masih menunggu arahan dari pemerintah, karena penentuan harga merupakan kewenangan dari regulator," kata Irto.

Sebelumnya harga jual BBM bersubsidi jenis Pertalite dikabarkan bakal segera naik. Pasalnya pemerintah dan DPR memastikan tidak akan memberikan subsidi tambahan untuk BBM yang saat ini menjadi pilihan utama sebagain besar masyarakat itu. Sehingga opsi menaikkan harga Pertalite menjadi satu-satunya langkah yang akan diambil pemerintah.

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Suswijono Moegiarso mengatakan saat ini subsidi energi yang digelontorkan pemerintah mencapai Rp502 triliun. Jumlah itu menurutnya sudah sangat besar. Jika ditambah bakal semakin memberatkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Itulah sebabnya, menurut Suswijono saat memberikan keterangan kepada awak media, Senin 15 Agustus 2022, pemerintah saat ini sedang menghitung, berapa harga Pertalite yang sesuai. Suswijono menambahkan, pemerintah juga mempertimbangkan berbagai opsi. Namun yang pasti tidak dengan mengucurkan tambahan subsidi karena sangat memberatkan APBN.

"Sekarang pemerintah sedang menjajaki opsi-opsi kalau APBN-nya cukup berat," tegasnya.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Kapolri Siap Hadapi Tantangan Ferdy Sambo di PTUN

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 13:30 WIB

Berkas Perkara Sudah P21, Ferdy Sambo segera Disidang

Kamis, 29 September 2022 | 09:00 WIB
X