• Rabu, 30 November 2022

Mendagri Sebut Calon Pengganti Anies Baswedan 6 Orang, PKS: Jangan Main-main

- Kamis, 1 September 2022 | 14:00 WIB
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian (Instagram @titokarnavian)
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian (Instagram @titokarnavian)

Watyutink.com – Masa jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Ahmad Riza Patria akan berakhir pada Oktober 2022. Jelang berakhirnya masa jabatan tersebut, publik mulai mempertanyakan siapa yang bakal menggantikan Anies memimpin Jakarta. Hal ini lantaran pengganti Anies bukan seperti layaknya kepala daerah. Pengganti Anies berstatus Pejabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta yang ditunjuk langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).  

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito-Karnavian">Tito Karnavian menyatakan pihaknya akan menyodorkan 6 nama bakal Pj Gubernur DKI Jakarta. Tito menerangkan 6 nama tersebut terdiri dari 3 atas usulan DPRD dan 3 berasal dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Tito menyebut pihaknya sudah mengirimkan surat ke DPRD DKI Jakarta agar segera mentapaikan usulan nama calon Pj Gubernur DKI Jakarta.

"Itu yang kami sudah kerjakan, sekali lagi untuk DKI tahapnya kami sudah kirim surat kepada DPRD DKI, kemarin saya tandatangani, nanti dari Kemendagri akan melihat ada mungkin 3 nama, 3 nama (dari) DPRD, 3 nama (dari) Kemendagri," ujar Tito.

Saat mengikuti Rapat Kerja dengan Komisi II DPR di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu 31 Agustus 2022, Tito menerangkan 6 nama tersebut akan terlebih dahulu melewati beberapa tahap. Nantinya 6 nama tersebut akan melalui sidang dengan kementerian, lembaga dan institusi, seperti Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Polri.

Mantan Kapolri ini menambah pada akhirnya nanti Presidan Jokowi akan menentukan Pj Gubernur DKI Jakarta setelah melakukan sidang tersendiri. Artinya menurut Tito siapa yang menjadi Pj Gubernur DKI Jakarta bukan semata-mata keputusan Jokowi.

"Jadi bukan ditentukan sendiri oleh presiden, tidak. Kami kira mekanisme ini sudah cukup demokrasinya. Dari segi transparansi, lebih transparan, tidak otoriter," ucapnya.

Namun Tito tidak menyebutkan siapa 3 nama yang bakal diusulkan kepada Jokowi. Ia menambahkan proses pencarian Pj Gubernur DKI baru akan dimulai pada September 2022.Tito mengaku saat ini pihaknya tengah fokus mempersiapkan pengganti Anies yang akan segera berakhir masa jabatannya.  

"Belum. Sampai hari ini belum ada masukan. Biasanya kan nanti minta masukan dari DPRD juga," kata Tito.

Sementara itu politisi PKS Mardani Ali Sera meminta Mendagri tidak main-main dalam penunjukkan Pj Gubernur DKI Jakarta. Mardani mengingatkan agar pengganti Anies Baswedan haruslah orng yang netral dan tidak memihak ke partai manapun saat nantinya digelarnya Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.  

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

X