• Minggu, 25 September 2022

Laksamana Yudo Margono Siap Gantikan Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI

- Sabtu, 3 September 2022 | 09:00 WIB
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono  (Instagram @yudo_margono88)
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono (Instagram @yudo_margono88)

Watyutink.com - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono mengatakan siap jika ditugaskan sebagai Panglima TNI menggantikan Jenderal Andika Perkasa. Pernyataan tersebut disampaikan Yudo menanggapi kabar dirinya bakal menggantikan Andika yang pada akhir tahun ini memasuki masa pensiun.

Saat berbicara di KRI Dewa Ruci, Jakarta, Jumat 2 September 2022, Yudo menegaskan prajurit TNI harus selalu siap ditugaskan di masa saja. Termasuk jika diberikan tugas dan tanggung jawab yang lebih besar. Yudo menambahkan hal itu adalah amanah yang harus dijalankan.

"Sebagai prajurit TNI ditugaskan di mana pun harus siap," ujar mantan Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I ini.

Seperti diketahui masa jabatan Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI bakal berakhir pada Desember 2022. Pasalnya mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) akan memasuki masa purnatugas atau pensiun. Diperkirakan pada November 2022 sosok pengganti Andika bakal sudah terpilih.

Muncul 2 nama yang dikabarkan bakal bersaing untuk menjadi orang nomor satu di TNI, yakni KSAL Laksamana Yudo Margono dan KSAD Jenderal Dudung Abdurachman. Yudo menjadi calon kuat lantaran selama masa pemerintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum ada Panglima TNI dari matra laut.

Selain itu masa dinas Yudo terbilang masih lama. Mantan Panglima Komando Armada I itu baru akan pensiun pada November 2023.

Sebelumnya Yudo juga menjadi kandidat Panglima TNI menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto pada November 2019. Yudo sempat mengikuti uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test yang dilakukan Komisi I DPR RI. Namun pads akhirnya Jokowi lebih memilih Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI.

Selama 2 periode menjadi Presiden RI, Jokowi pernah menunjuk 3 orang sebagai Panglima TNI. Ketiganya adalah Jenderal Gatot Nurmantyo, Marsekal Hadi Tjahjanto dan Jenderal Andika Perkasa. Itulah sebabnya berbagai pihak menilai sangat tepat jika untuk jabatan Panglima TNI berikutnya, Jokowi menunjuk perwira bintang 4 dari matra Laut.

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Banding Ditolak, Ferdy Sambo Siapkan Langkah Hukum

Selasa, 20 September 2022 | 10:30 WIB
X