• Minggu, 25 September 2022

Putri Candrawathi Tak Ditahan, Polisi Sakiti Rakyat, Pengamat: Citranya Bakal Makin Turun

- Sabtu, 3 September 2022 | 12:30 WIB
Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi (Instagram @divpropampolri)
Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi (Instagram @divpropampolri)

Watyutink.com - Keputusan Polri tidak menahan istri mantan Kadiv Propam Ferdy Sambo, Putri Candrawathi mengundang reaksi sejumlah pihak. Umumnya menyayangkan tindakan Polri yang dinilai telah bersikap diskriminatif atau pilih kasih.

Tidak ditahannya Putri dianggap telah mencederai rasa keadilan. Pasalnya Putri telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir Yoshua Nopryansah Hutabarat atau Brigadir J.

"Jelas menyakiti rasa keadilan masyarakat," kata Pengamat kepolisian dari Institute for Security and Strategic Studies (ISESS) Bambang Rukminto.

Saat memberikan keterangan Jumat 2 September 2022 Bambang juga mempertanyakan keputusan Polri yang tidak menahan Putri meski sudah jadi tersangka. Bambang menjelaskan penyidik memiliki kewenangan untuk menahan atau tidak seorang tersangka. Tentu saja menurut Bambang dengan memperhatikan beberapa pertimbangan, seperti tidak akan melarikan diri, tidak menghilangkan barang bukti, dan tidak mengulangi perbuatannya.

Namun yang terjadi, penyidik tidak melakukan penahanan terhadap Putri Candrawathi. Hal inilah yang mengusik rasa keadilan di masyarakat. Terlebih dengan tidak ditahan, bisa saja Putri berkomunikasi dengan orang lain.

"Pendapat saya, memang PC (Putri) tidak akan menghilangkan barang bukti dan lain-lain sesuai alasan objektif dan subjektif penyidik; tetapi apakah alasan itu memenuhi rasa keadilan?" tambahnya.

Bambang menambahkan masih bebasnya Putri juga menunjukkan pengaruh suaminya, Ferdy Sambo di internal Polri masih sangat kuat.

Dalam kesempatan terpisah, Ketua Civil Society Indonesia, Irma Hutabarat, memberikan komentar senada. Irma sangat menyayangkan keputusan Polri yang tidak menahan Putri. Alasan kemanusiaan yang dikemukakan Polisi menurut Irma tidak bisa sepenuhnya diterima.

Saat menjadi narasumber di acara Perempuan Bicara di tvOne, Jumat 2 September 2022, Irma menegaskan tindakan Putri dan 4 tersangka lainnya telah menghilangkan nyawa seorang manusia. Jadi sungguh aneh kalau istri Ferdy Sambo tidak ditahan dengan alasan kemanusiaan.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Banding Ditolak, Ferdy Sambo Siapkan Langkah Hukum

Selasa, 20 September 2022 | 10:30 WIB
X