• Minggu, 25 September 2022

Data SIM Card Bocor, Menteri Kominfo Salahkan Masyarakat Tak Jaga NIK Masing-masing

- Minggu, 4 September 2022 | 09:30 WIB
Menteri Kominfo Johnny G Plate (Instagram @kemkominfo)
Menteri Kominfo Johnny G Plate (Instagram @kemkominfo)

Watyutink.co. - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate kembali memberikan tanggapan soal kabar 1,3 miliar data pendaftaran atau registrasi SIM Card. Johnny menyebut kebocoran data seringkali terjadi justru karena kesalahan masyarakat sendiri yang kerap lalai menjaga keamanan data-data pribadi.

Itulah sebabnya Johnny meminta masyarakat lebih perhatian dalam menjaga data-data pribadinya. Salah satunya dengan tidak memberikan kepada sembarang orang, apalagi pihak yang tidak dikenal. Data privasi yang dimaksud antara lain Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan kartu keluarga (KK).

"Harus ada tanggung jawabnya. Jaga NIK kita sendiri," ujar Johnny.

Saat berbicara di The Westin Resort, Nusa Dua, Bali pada Sabtu, 3 September 2022, Johnny juga menyarankan masyarakat sering  mengganti password di platform digital masing-masing. Politisi Partai NasDem ini menyebut password harus selalu kita ganti agar data kita tidak mudah diterobos.

Johnny menjelaskan data pribadi memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Selain itu juga berhubungan dengan geostrategis dan kedaulatan suatu bangsa. Sehingga diperlukan tata kelola data pribadi dengan benar.

Terkait kabar kebocoran 1,3 miliar data pendaftaran atau registrasi SIM card, Johnny menerangkan saat ini pihaknya tengah melakukan audit guna mencari kebenaran informasi tersebut. Sedangkan soal registrasi SIM Card, Johnny menegaskan Kominfo tetap mewajibkan pengguna telepon seluler menyertakan NIK saat melakukan registrasi.

Jika ditemukan ada potensi, maka kita akan lakukan audit teknologi security atau enkripsi di penyelenggara sistem elektronik itu," kata Johnny

Johnny menerangkan NIK dan data pribadi lainnya akan aman jika digunakan oleh pemiliknya. Tindakan penyalahgunaan data pribadi, termasuk SIM Card, seringkali dilakukan bukan oleh pemiliknya.

"Hal-hal seperti ini, disiplin seperti ini harus kita jaga juga. Yang ujungnya adalah data bocor," kata Johnny.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Banding Ditolak, Ferdy Sambo Siapkan Langkah Hukum

Selasa, 20 September 2022 | 10:30 WIB
X