• Minggu, 2 Oktober 2022

Beda dengan Indonesia, Pemerintah Malaysia Justru Turunkan Harga BBM

- Minggu, 4 September 2022 | 12:30 WIB
Ilustrasi harga bensin di Malaysia turun (Pixabay )
Ilustrasi harga bensin di Malaysia turun (Pixabay )

Watyutink.com - Di tengah kehebohan rakyat Indonesia atas keputusan pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM), warga Malaysia justru merasakan hal sebaliknya. Pasalnya pemerintah Malaysia dikabarkan menurunkan harga BBM dengan Research Octane Number (RON) 97

Dikutip dari Malaymail, Kamis 25 Agustus 2022, Kementerian Keuangan Malaysia mengumumkan harga eceran BBM RON 97 diturunkan 5 sen, dari semula 4,35 ringgit menjadi 4,30 ringgit per liter. Sedangkan BBM RON 95 dan Solar harganya tidak mengalami perubahan. Bensin RON 95 tetap dijual seharga 2,05 ringgit dan Solar 2,15 ringgit per liter.

Kementerian Keuangan Malaysia mengatakan keputusan tersebut dilakukan untuk melindungi konsumen dari kenaikan harga minyak global. Penjualan BBM di negeri jiran itu ditetapkan menggunakan formula Mekanisme Penetapan Harga Otomatis (APM). Penetapan harganya  berdasarkan harga eceran mingguan produk minyak bumi.

“Pemerintah akan terus memantau tren harga minyak mentah global dan mengambil langkah-langkah yang tepat untuk memastikan kesejahteraan rakyat terus terlindungi,” ujar Kementerian Keuangan Malaysia.

Seperti diketahui Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan harga baru BBM di tanah air pada Sabtu 3 September 2022. mengatakan, pemerintah telah berupaya sekuat tenaga menghadiri kenaikan harga BBM. Namun hal itu tidak bisa dilakukan karena gejolak harga minyak dunia.

"Saya sebetulnya ingin harga BBM di dalam negeri tetap terjangkau dengan memberikan subsidi dari APBN," kata Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menuturkan anggaran  yang dikucurkan pemerintah untuk subsidi dan kompensasi BBM tahun 2022 telah meningkat 3 kali lipat dari Rp 152,5 triliun menjadi Rp 502,4 triliun. Angka ini diperkirakan terus meningkat.

Itulah sebabnya pemerintah memutuskan mengalihkan subsidi BBM dengan memberikan bantuan sosial kepada masyarakat kurang mampu.

"Mengalihkan subsidi BBM sehingga harga beberapa jenis BBM yang selama ini mendapat subsidi akan mengalami penyesuaian," ujar Jokowi.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Kapolri Siap Hadapi Tantangan Ferdy Sambo di PTUN

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 13:30 WIB

Berkas Perkara Sudah P21, Ferdy Sambo segera Disidang

Kamis, 29 September 2022 | 09:00 WIB
X