• Minggu, 25 September 2022

Gagal Jadi Wagub Jawa Timur, Abdullah Azwar Anas Hari Ini Dilantik Jadi Menpan RB

- Rabu, 7 September 2022 | 10:00 WIB
Abdullah Azwar Anas dilantik menjadi Menpan RB, Rabu 7 September 2022 (Instagram @azwaranas.a3)
Abdullah Azwar Anas dilantik menjadi Menpan RB, Rabu 7 September 2022 (Instagram @azwaranas.a3)

Watyutink.com - Teka-teki siapa yang bakal menduduki jabatan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) akhirnya terjawab. Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik Abdullah Azwar Anas sebagai Menpan RB menggantikan Tjahjo Kumolo yang meninggal dunia pada 1 Juli 2022 lalu.

Pelantikan bakal dilaksanakan pada Rabu 7 September 2022 pukul 13.30 WIB di Istana Presiden Jakarta. Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono dalam keterangannya mengatakan pelantikan Menpan RB sebetulnya direncanakan pada Agustus 2022. Namun pelantikan yang semula di direncanakan di lokasi Ibu Kota Negara (IKN) Baru di Kalimantan Timur urung terlaksana karena kesibukan Presiden Jokowi.

"Tapi yang jelas sudah ada (nama calon MenPAN-RB) di beliau. Dan ini ranah Mensesneg dan Pak Seskab. Doain ada waktu untuk beliau bisa melantik," ujar Heru.

Nama Abdullah Azwar Anas sebelumnya tidak pernah muncul sebagai kandidat Manpan RB. Nama-nama yang tampil sebagai bakal pengganti Tjahjo Kumolo antara lain, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Ahmad Basarah hingga mantan Gubernur DKI Jakarta sekaligus anggota DPR RI Djarot Saiful Hidayat.

Abdullah Azwar Anas saat ini menjabat sebagai Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). Jabatan itu didudukinya sejak 13 Januari 2022. Sebelumnya nama Abdullah Azwar Anas mencuat kala menjabat Bupati Banyuwangi selama 2 periode. Saat itu Abdullah dianggap berhasil membawa kabupaten di ujung timur Pulau Jawa itu mencapai kemajuan.

Abdullah sempat maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Timur pada 2018. Saat itu Abdullah menjadi Calon Wakil Gubernur (Cawagub) mendampingi Saifullah Yusuf sebagai Calon Gubernur (Cagub). Namun di tengah proses kampanye, Abdullah secara mengejutkan mengundurkan diri. Posisinya kemudian digantikan Puti Guntur Soekarno.

Pada akhirnya pasangan Saifullah-Puti kalah dari pasangan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak.

Abdullah Azwar Anas mengawali karir politiknya dengan menjadi anggota MPR dari Utusan Golongan pada 1997. Saat itu Abdullah menjadi Sekretaris Jenderal (Sekjen) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU). Selanjutnya pada 2004 Abdullah menjadi anggota DPR RI dari Fraksi PKB.

Selanjutnya alumni Fakultas Sastra Universitas Indonesia ini terpilih menjadi Bupati Banyuwangi selama 2 periode sejak Oktober 2010 hingga Februari 2021. Saat periode kedua sebagai Bupati Banyuwangi, Abdullah memutuskan keluar dari PKB dan bergabung dengan PDIP.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Banding Ditolak, Ferdy Sambo Siapkan Langkah Hukum

Selasa, 20 September 2022 | 10:30 WIB
X