• Minggu, 25 September 2022

Anies Datangi Panggilan KPK Sendirian, Warganet Doakan Semoga Tidak Dikriminalisasi

- Rabu, 7 September 2022 | 11:30 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tiba di Gedung KPK,  Rabu 7 September 2022 (Twitter )
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tiba di Gedung KPK, Rabu 7 September 2022 (Twitter )

Watyutink.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memenuhi janjinya menghadiri panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Anies dipanggil KPK pada Rabu, 7 September 2022 untuk dimintai keterangan terkait dugaan korupsi di ajang bakal mobil listrik Formula E.

Tidak seperti umumnya pejabat yang mendatangi KPK didampingi pengacara, Anies justru mendatangi kantor lembaga antirasuah di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan itu sendirian dan hanya ditemani ajudannya. Mengenakan baju dinas Pemprov DKI Jakarta berwarna putih, Anies membawa sebuah map berwarna biru yang diyakini berisi berkas-berkas pemeriksaan.

Tidak banyak komentar disampaikan mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu saat tiba di Gedung Merah Putih KPK sekitar pukul 09.30 WIB.

"Makasih ya, masuk dulu ya," ucap Anies.

Sebelumnya Anies telah berjanji bakal menghadiri panggilan KPK guna memberikan keterangan soal Formula E. Saat memberikan keterangan, Senin 5 September 2022, Anies membenarkan panggilan yang disampaikan melalui surat tersebut. Anies menambahkan bakal menjawab dan menjelaskan secara rinci semua hal yang ditanyakan KPK terkait penyelenggaraan balapan Jakarta E-Prix 2022 pada Sabtu 4 Juni 2022 di Sirkuit Ancol, Jakara Utara itu.  

"Iya betul saya menerima surat pemanggilan untuk dimintai keterangan oleh KPK pada hari Rabu tanggal 7 September pagi. Insyaallah saya akan datang dan akan membantu untuk bisa menyatu semua menjadi jelas. Hanya memberi keterangan. Terkait Formula E,"ujar Anies usai acara seremonial pemotongan mandiri kabel udara di kawasan Mampang, Jakarta Selatan.

Kesediaan Anies menghadiri panggilan KPK membuatnya mendapat banyakn pujian. Warganet menilai Anies menunjukkan sikap seorang pemimpin yang berjiwa ksatria. Sikap berani Anies menghadiri panggilan KPK sendirian juga karena yakin dirinya benar dan tidak ada yang ditutup-tutupi.

Akun milik @AzrilAliramadh1 memberikan komentar, "Sangar tak gentar walau sendiri , cermin mental kesatria."

Akun twitter @Agussuprianto1 dan @putra_nofi sama-sama menuliskan komentar, "Gentelmen."

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Banding Ditolak, Ferdy Sambo Siapkan Langkah Hukum

Selasa, 20 September 2022 | 10:30 WIB
X