• Minggu, 25 September 2022

Tolak Kenaikan Harga BBM, Massa di Medan Bakar Poster Puan Maharani

- Jumat, 9 September 2022 | 14:30 WIB
Poster Puan Maharani dan 4 pimpinan DPR dibakar massa di Medan (YouTube Tribun Medan TV)
Poster Puan Maharani dan 4 pimpinan DPR dibakar massa di Medan (YouTube Tribun Medan TV)

Watyutink.com - Aksi demonstrasi berbagai elemen masyarakat menolak keputusan pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) terus terjadi. Salah satunya masyarakat yang tergabung dalam  Akumulasi Kemarahan Buruh dan Rakyat (AKBAR) yang melakukan aksi di depan Gedung DPRD Sumatera Utara di Kota Medan, Kamis 8 September 2022.

Perwakilan massa AKBAR, Martin Luis meminta pemerintah segera membatalkan kenaikan harga BBM. Jika tuntutan tersebut tidak mendapat tanggapan, Martin mengancam pihaknya akan kembali melakukan aksi demonstrasi dengan massa yang lebih besar.

"Kami dari Akbar Sumut, kembali lagi turun ke jalan merespon kebijakan pemerintah yang menaikkan BBM bersubsidi," kata Martin.

Saat menyuarakan tuntutannya, peserta aksi juga membakar poster bergambar Ketua DPR RI Puan Maharani dan 4 pimpinan dewan lainnya. Pada poster yang dibakar itu massa menuliskan kalimat "Saya sedih BBM Naik. Selamat ulang tahun Puan Maharani."

Sebelumnya massa melakukan aksi teatrikal yang memperlihatkan para anggota dewan sedang tidur saat rapat membahas persoalan rakyat. Selanjutnya massa mengeluarkan poster bergambar Puan Maharani dan kemudian membakarnya.

Namun aksi bakar poster tak berlangsung lama. Pasalnya aparat kepolisian langsung memadamkan poster bergambar Ketua DPP PDIP itu serta menyita poster yang dibawa massa. Massa pun meneruskan aksi teatrikan dan tetap menyampaikan orasi penolakan kenaikan harga BBM.

"Kami mengadakan aksi teatrikal atas kebijakan pemerintah terutama DPRD yang tidak berpihak pada masyarakat. Kami simulasikan bagaimana sidang yang selama ini sebenarnya tidak menghasilkan kebijakan yang memihak terhadap rakyat," ucap Martin.

Terkait pembakaran poster bergambar Puan Maharani, peserta aksi demo menurut Martin menilai putri Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri itu tidak peduli dengan penderitaan rakyat. Terlihat dari tingkah laku anggota DPR yang justru merayakan ulang tahun Puan Maharani pada Selasa 6 September 2022.

Padahal saat itu di depan Gedung DPR di Senayan, Jakarta tengah berlangsung aksi demo menolak kenaikan harga BBM yang dilakukan buruh, mahasiswa dan masyarakat. Tindakan itu dianggap perwujudan sikap tidak peduli pemerintah dan DPR terhadap rakyat yang hidupnya semakin sulit akibat harga BBM naik.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Banding Ditolak, Ferdy Sambo Siapkan Langkah Hukum

Selasa, 20 September 2022 | 10:30 WIB
X