• Minggu, 25 September 2022

Pastikan Anies Maju Pilpres, Surya Paloh: Peserta 3 atau 4 Pasangan

- Minggu, 11 September 2022 | 09:30 WIB
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh  (Instagram @suryaploh.id)
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh (Instagram @suryaploh.id)

Watyutink.com - Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh memastikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bakal maju sebagai salah satu peserta dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Namun Surya tidak menjelaskan dengan siapa Anies bakal berpasangan dalam kontestasi menuju kursi RI 1 itu.

Saat berbicara dalam program Blak-Blakan yang ditayangkan di akun Youtube detikcom Kamis 8 September 2022, Surya memperkirakan Pilpres 2024 akan diikuti 3 atau 4 pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden (Capres-Cawapres).

“Realitasnya dalam projeksi saya sederhana saja. Probability-nya ada dua kemungkinan. Satu, tiga pasangan. Kedua, empat pasangan. Probability-nya itu antara 3 dan 4 (pasangan),” jelas Surya Paloh.

Bos Media Group ini mengatakan berdasarkan realitas yang terjadi saat ini diprediksi bakal ada 4 poros kekuatan politik. Sebanyak 3 poros merupakan gabungan partai atau koalisi, yakni Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang beranggotakan Partai Golkar, PAN, dan PPP. Selenjutnya adalah Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya yang berisi Partai Gerindra dan PKB.

Poros ketiga adalah koalisi Partai NasDem, Parti Demokrat dan PKS. Sedangkan kekuatan politik keempat menurut Surya adalah PDIP. Partai pimpinan Megawati Soekarnoputri ini tidak harus berkoalisi untuk bisa mengusung pasangan Capres-Cawapres sendiri lantaran sudah melewati ambang batas Presidential Threshold (PT) 20 persen.

"Dia tidak tergantung pada siapapun, partai-partai manapun. Saya yakin PDI Perjuangan akan maju. Sudah 1 pasangan," ujar Surya.

Koalisi Kebangkitan Indonesia diyakini Surya bakal menyodorkan Mentari Pertahanan sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai Capres.

"Mas Prabowo dengan Gerindra, apalagi bersama kawan-kawan dari PKB, sudah satu pasangan lagi kan," tambah Surya.

Politisi senior asal Aceh ini menambahkan, tokoh berikutnya yang akan maju sebagai Capres berasal dari poros ketiga dan keempat, yakni Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Namun Surya enggan menyebut partai mana yang akan mengusung kedua kepala daerah itu pada 2024.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Banding Ditolak, Ferdy Sambo Siapkan Langkah Hukum

Selasa, 20 September 2022 | 10:30 WIB
X