• Minggu, 25 September 2022

Menhub Yakin Kenaikan Harga BBM Tak Berdampak Besar pada Transportasi

- Minggu, 11 September 2022 | 12:30 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi  (presidenri.go.id)
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (presidenri.go.id)

Watyutink.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengakui kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bakal memberi dampak pada sektor transportasi. Namun Budi yakin dampak yang terjadi tidak akan terlalu besar. Menurutnya pemerintah sudah mengatisipasi segala kemungkinan, termasuk gejolak di sektor transportasi.

Saat berbicara dengan awak media di Jakarta, Jumat 9 September 2022, Budi mengatakan sebelum memutuskan menaikkan harga BBM, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah melakukan pengkajian secara mendalam. Bahkan menurut Budi rapat terbatas atau Ratas dilakukan hingga 10 kali.

Selain itu pemerintah sebelumnya telah melakukan sosialisasi terkait rencana kenaikan harga BBM. Sehingga masyarakat sudah bersiap dan bisa memahami keputusan yang diambil pemerintah.

"Ya menurut hemat saya pasti ada, tapi saya pikir ter-manage dengan baik. Saya sangat berterima kasih dengan Bapak Presiden dan semua Menteri, kita membahas itu tidak satu kali, lebih dari 10 kali kita ratas dan sosialisasinya tuh soft sekali," kata Budi.

Mantan Direkrur Utama PT Angkasa Pura II ini menambahkan lantaran sudah melalui pengkajian dan berbagai pertimbangan, pemerintah juga memberikan solusi atas dampak yang mungkin terjadi akibat kenaikan harga BBM. Itulah sebabnya tidak ada guncangan yang terjadi di sektor transportasi.

"Sehingga relatif sektor transportasi itu tidak terjadi suatu goncangan. Bahwa 1-2 hari ada masalah, iya, tapi kita akan jalani ini," ujar Budi.

Sektor transportasi, baik ditingkat pusat maupun daerah, menurut Budi akan selalu kompak dalam mengatasi masalah yang mungkin timbul. Hal ini sesuai dengan arahanPresiden Jokowi agar pemerintah daerah segera mengambil langkah-langkah guna mengatasi masalah yang bisa terjadi.

"Presiden menginstruksikan agar Pemerintah Daerah mengambil peranan mengatasi masalah yang ada," pungkasnya.

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Banding Ditolak, Ferdy Sambo Siapkan Langkah Hukum

Selasa, 20 September 2022 | 10:30 WIB
X