• Minggu, 2 Oktober 2022

Erick Thohir Sebut Harga Pertalite Tak Bisa Turun Lagi, PKS: Jangan Asal Bicara

- Senin, 12 September 2022 | 10:30 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir (Instagram @erickthohir)
Menteri BUMN Erick Thohir (Instagram @erickthohir)

Watyutink.com - Anggota Komisi VII DPR RI, Mulyanto mengkritik pernyataan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir yang menyebut harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi tidak bisa turun lagi. Mulyanto menilai pernyataan tersebut membingungkan masyarakat.

Saat berbicara Sabtu 10 September 2022, Mulyanto meminta Erick lebih memahami dan bersungguh-sungguh saat berbicara soal BBM. Ia pun menyinggung Erick yang berniat maju sebagai Calon Presiden (Capres) pada 2024. Mulyanto menegaskan rakyat tidak akan memilih Capres yang asal bicara.

"Kalau serius mau nyapres, Menteri BUMN Erick Thohir harus sungguh-sungguh memahami persoalan BBM bersubsidi. Jangan asal bicara yang bikin masyarakat marah. Kalau gayanya seperti itu, apa ada masyarakat yang akan memilih?," ujar Mulyanto.

Politisi PKS ini menuturkan pernyataan Erick sebagai seorang Menteri BUMN sungguh aneh bin ajaib. Lebih masuk akal menurut Mulyanto adalah harga BBM non subsidi seperti Pertamax harganya bisa naik turun mengikuti harga minyak mentah dunia.

Sedangkan untuk BBM bersubsidi seperti Pertalite dan Solar harganya tidak mengikuti mekanisme pasar. Terlebih jika pemerintah bisa melakukan efisiensi berbagai anggaran yang tidak penting. Mulyanto menambahkan jika harga minyak dunia turun, dampaknya tidak hanya terhadap Pertamax dan BBM non subsidi tapi juga Pertalite dan Solar. Asalkan pemerintah tetap mempertahankan pemberian subsidi.

Anggota DPR dari Daerah Pemilihan (Dapil) Banten III yang meliputi Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan ini pun meminta pemerintah berpihak kepada rakyat dan tetap menjaga pemberian subsidi.

Mulyanto mengingatkan jika benar-benar ini maju di 2024, Erick Thohir harus menunjukkan pembelaan kepada masyarakat dalam soal BBM. Menurutnya ini adalah kesempatan bagus bagi siapa pun yang ingin tampil di 2024 dan bukan justru menampilkan sikap sebaliknya.

Sebelumnya Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan harga BBM bersubsidi tidak bisa turun meski harga minyak dunia turun. Saat meninjau Pertamina Integrated Enterprise Data and Command Center (PIEDCC), Jakarta, Rabu 7 September 2022, Erick menjelaskan jika harga minyak mentah dunia turun dampaknya hanya untuk Pertamax karena mengikuti mekanisme pasar.

Sedangkan Pertalite dan Solar harganya tidak mengikuti mekanisme pasar. Sehingga penurunan harga minyak dunia tidak berdampak pada harga BBM bersubsidi itu.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Kapolri Siap Hadapi Tantangan Ferdy Sambo di PTUN

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 13:30 WIB

Berkas Perkara Sudah P21, Ferdy Sambo segera Disidang

Kamis, 29 September 2022 | 09:00 WIB
X