• Minggu, 25 September 2022

Bantah Luhut Belum Vaksinasi Booster, Kemenko Marves: 8 Januari 2022

- Selasa, 13 September 2022 | 09:00 WIB
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan  (Biro Pers Sekretariat Presiden )
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan (Biro Pers Sekretariat Presiden )

Watyutink.com - Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Kemenko Marves) membantah tudingan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan belum melakukan vaksinasi Covid-19 tahap 3 atau booster. Juru Bicara Kemenko Marves Jodi Mahardi memastikan Luhut sudah menerima suntikan vaksin booster pada 8 Januari 2022.

"Pak Menko sudah booster. Ada sertifikat vaksin ketiga-nya tertanggal 8 Januari 2022," ujar Jodi saat memberikan keterangan Senin 12 September 2022.

Dalam aplikasi PeduliLindung status Luhut juga berwarna hijau. Artinya Koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa-Bali itu tidak terpapar virus corona atau Covid-19. Data di aplikasi PeduliLindung yang berhasil diakses menunjukkan Luhut melakukan tes Covid-19 terakhir pada 10 September 2022.

Sebelumnya Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan sempat menjadi sorotan warganet. Pasalnya berdasarkan data yang dibocorkan peretas atau hacker Bjorka, Luhut ternyata belum pernah melakukan vaksinasi Covid-19 tahap 3 atau booster.

Dikutip dari akun Telegram milik Bjorka, Senin 12 September 2022, Luhut diketahui melakukan vaksinasi Covid-19 tahap pertama pada 13 Maret 2021. Sedangkan suntikan vaksin Covid-19 tahap kedua diperoleh Luhut pada 3 April 2021.

Dalam bocoran data tersebut tidak disebutkan kapan mantan Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) itu mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 tahap ketiga atau booster.

Selain data soal vaksinasi, Bjorka juga membocorkan data Luhut yang lain, seperti nomor telepon seluler, alamat surat elektronik atau e-mail, dan alamat tempat tinggal. Selain itu juga Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Kartu Keluarga (KK), tempat dan tanggal lahir Luhut. Tidak ketinggalan data keluaraga, seperti nama ayah, ibu, istri dan riwayat pendidikan Luhut.

Selain Luhut, pejabat penting Indonesia yang juga menjadi korban peretasan Bjorka adalah Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G Plate dan Ketua DPR RI Puan Maharani.

Saat membocorkan data pribadi Puan Minggu 11 September 2022, Bjorka menuliskan kalimat sindiran dalam bahasa Inggris kepada Ketua DPP PDIP itu yang merayakan hari ulang tahun saat masyarakat melakukan aksi demonstrasi menolak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) di depan Gedung DPR, Senayan, Jakarta.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Banding Ditolak, Ferdy Sambo Siapkan Langkah Hukum

Selasa, 20 September 2022 | 10:30 WIB
X