• Minggu, 25 September 2022

Diundang ke Istana, Relawan Diminta Kawal Pengganti Jokowi di 2024

- Selasa, 13 September 2022 | 10:30 WIB
Ketua Umum Relawan Sekretariat Nasional (Seknas) Jokowi, Rambun Tjajo (Instagram @seknasjokowi.official)
Ketua Umum Relawan Sekretariat Nasional (Seknas) Jokowi, Rambun Tjajo (Instagram @seknasjokowi.official)

Watyutink.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan mengundang para relawan ke Istana Negara, Jakarta. Dalam pertemuan yang diselenggarakan pada Senin 12 September 2022 itu Jokowi meminta relawan membantu program pemerintah. Selain itu relawan juga diharapkan mengawal figur yang nantinya akan menggantikan Jokowi di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Ketua Umum Relawan Sekretariat Nasional (Seknas) Jokowi Rambun Tjajo dalam keterangannya mengatakan Presiden Jokowi meminta Seknas membantu menyukseskan program pemerintah, terutama dibidang ekonomi. Relawan menurut Rambun diminta fokus pada hal tersebut.

"Pada dasarnya kami diminta untuk membantu pemerintah seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, dan beliau juga sangat concern dengan keadaan ekonomi sekarang ini. Kami para relawan, para pendukung beliau, diminta juga untuk fokus bantu Pak Presiden," kata Rambun Tjajo.

Terkait Pilpres 2024, Rambun mengungkapkan, Jokowi meminta relawan mengawal penggantinya agar bisa meneruskan program pemerintah saat ini. Jokowi berjanji kepada relawan jika program saat ini diteruskan hingga 2030, pendapatan nasional akan meningkat. Indonesia juga akan menjadi negara semi maju.

"Ini yang kita harus sama-sama mengawal, bukan soal orangnya, tapi programnya. Bahwa kita jangan sampai ganti pemimpin, ganti program, sehingga kita hanya bergerak di tempat," ujarnya.

Tentang sosok yang bakal didukung relawan, Rambun tidak menyebut secara pasti. Ia hanya mengatakan sosok pemimpin yang bakal menggantikan Jokowi harus pancasilais, pro kebhinekaan dan menghormati keberagaman.

"Kita mengelola negara yang begini besar ya, hanya dengan menjaga konstitusi, menjaga pancaila, kita akan bertahan sampai kapan pun," tutur Rambun.

Pria yang berprofesi sebagai pengacara ini menegaskan dalam pertemuan tersebut tidak ada pembahasan soal perpanjangan masa jabatan presiden. Bahkan menurutnya, Jokowi sama sekali tidak menyinggung tentang hal itu. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu justru lebih tertarik membahas Agenda 45 yang akan digelar Seknas Jokowi di Jombang, Jawa Timur dalam waktu dekat.

Rambun menjelaskan Agenda 45 akan membahas bagaimana cara agar relawan bisa berkontribusi terhadap keputusan yang diambil pemerintah dalam jangka panjang. Rambun memastikan Jokowi akan diundang dalam acara tersebut.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Banding Ditolak, Ferdy Sambo Siapkan Langkah Hukum

Selasa, 20 September 2022 | 10:30 WIB
X