• Minggu, 25 September 2022

Pengamat Ingatkan Masyarakat Jangan Ikut Sebarkan Bocoran Data Bjorka, Bisa Kena UU ITE

- Selasa, 13 September 2022 | 13:00 WIB
Founder Drone Emprit Ismail Fahmi (Instagram @ismailfahmi)
Founder Drone Emprit Ismail Fahmi (Instagram @ismailfahmi)

Watyutink.com - Pengamat media sosial (medsos) Ismail Fahmi mengingatkan masyarakat, terutama warganet agar menyikapi aksi peretas atau hacker Bjorka secara bijaksana. Ismail pun meminta warganet lebih berhati-hati, terutama jika menerima informasi soal data-data pribadi para pejabat yang dibocorkan Bjorka.

Saat berbicara Minggu 11 September 2022 Ismail mengingatkan masyarakat agar tidak ikut-ikutan menyebarkan data-data tersebut. Pasalnya data yang dibocorkan Bjorka sebenarnya bersifat pribadi. Peringatan itu disampaikan Ismail setelah melihat reaksi warganet dalam menanggapi aksi hacker Bjorka yang tengah menjadi perhatian dalam beberapa hari terakhir.

"Netizen harus hati-hati dan kenal dengan UU ITE. Jangan ikutan spill data," kata Founder Drone Emprit dan Media Kernels Indonesia.

Ismail menjelaskan pihak yang turut menyebabkan data tersebut bisa dijerat Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) dengan tuduhan menyebarkan data pribadi orang lain. Terlebih data tersebut adalah milik menteri atau pejabat penting lainnya.

"Itu sudah salah karena penyebaran transmisi elektronik," tuturnya.

Ismail menambahkan, boleh-boleh saja orang kepo atau ingin tahu. Tapi jangan sampai menjadi fear of missing out (FOMO). Apalagi ikut menyebarkan data pribadi orang lain. Ismail mengingatkan, jeratan UU ITE benar-benar ada dan nyata.

Ismail Fahmi meminta Warga lebih kritis terhadap informasi yang disebar Bjorka. Menurutnya banyak pakar siber yang juga mengetahui data-data tersebut. Namun berbeda dengan Bjorka, para ahli itu tidak menyebarkannya dan memilih menutup kebocoran data itu.

"Harus kritis kepada siapapun yang mengaku ahli membocorkan data," pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, aksi hacker Bjorka dalam beberapa hari terakhir menjadi perhatian publik. Pasalnya melalui akun @bjorkanism, peretas itu membocorkan data-data pribadi beberapa pejabat.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Banding Ditolak, Ferdy Sambo Siapkan Langkah Hukum

Selasa, 20 September 2022 | 10:30 WIB
X