• Minggu, 25 September 2022

Ketua DPRD Lumajang Mundur karena Tak Hafal Pancasila, PKB: Dia Pancasilais Sejati

- Selasa, 13 September 2022 | 14:00 WIB
Ketua DPRD Kabupaten Lumajang Anang Akhmad Syaifuddin (YouTube )
Ketua DPRD Kabupaten Lumajang Anang Akhmad Syaifuddin (YouTube )

Watyutink.com - Ketua DPRD Kabupaten Lumajang, Jawa Timur Anang Akhmad Syaifuddin menyatakan mundur dari jabatannya. Keputusan tersebut diambil lantaran Anang tidak hafal bacaan Pancasila. Dalam video yang menjadi viral di media sosial (medsos) Anang terlihat tidak bisa mengucapkan sila keempat Pancasila dengan benar.

Saat berbicara dalam video yang dikutip pada Senin 12 September 2022, Anang menyampaikan permohonan maaf kepada semua warga dan anggota DPRD Kabupaten Lumajang.

"Saya atas nama pribadi Ketua DPRD Kabupaten Lumajang ingin menyampaikan klarifikasi dan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat kabupaten Lumajang, khususnya pada anggota DPRD Kabupaten Lumajang yang dengan insiden tidak hafalnya saya untuk melafazkan teks Pancasila," kata Anang.

Politisi PKB ini mengaku menyesal karena tidak bisa mengucapkan teks Pancasila secara benar dan memicu dirinya mengundurkan diri. Anang berharap kejadian yang menimpanya bisa menjadi pembelajaran bagi siapa pun yang menjadi pemimpin.

"Dalam kesempatan yang berbahagia ini, dalam paripurna DPRD, dalam ruangan yang terhormat ini, dengan ucapan bismillahirrahmanirrahim saya dengan hati yang sangat menyesal mengundurkan diri dari Ketua DPRD Kabupaten Lumajang," ujarnya.

Anang menambahkan keputusannya juga sebagai upaya menjaga marwah DPRD Kabupaten Lumajang. Sekaligus menjadi pembelajaran bagi semua pihak. Anang pun berharap setelah pengunduran dirinya, semua kegaduhan di masyarakat bisa segera berakhir.

"Untuk menjaga muruah DPRD kabupaten Lumajang, untuk menjaga dan menjadikan ini pembelajaran bagi kita semua siapapun pemimpin di negeri ini," tuturnya.

Sementara itu DPW PKB Jawa Timur (Jatim) memberikan pembelaan terhadap Anang. Bendahara DPW PKB Jatim Fauzan Fuadi menegaskan Anang adalah seorang pancasilais sejati. Fauzan mengaku tidak ada keraguan sedikit pun tentang jiwa Pancasila dalam diri Anang.

"Mas Anang Pancasilais sejati. Beliau sudah di level memedomani dan mengamalkan Pancasila dengan baik," ujar Fauzan.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Banding Ditolak, Ferdy Sambo Siapkan Langkah Hukum

Selasa, 20 September 2022 | 10:30 WIB
X