• Minggu, 25 September 2022

Anies Resmi Diberhentikan, DPRD: Terima Kasih Telah Jadikan Jakarta Lebih Baik

- Rabu, 14 September 2022 | 09:00 WIB
Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi saat memimpin Rapat Paripurna Pemberhentian Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta  (Instagram @dprddkijakarta)
Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi saat memimpin Rapat Paripurna Pemberhentian Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta (Instagram @dprddkijakarta)

Watyutink.com - DPRD DKI Jakarta secara resmi memberhentikan Anies Baswedan dan Ahmad Riza Patria dari jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Hal itu diputuskan dalam Rapat Paripurna Pemberhentian Gubernur dan Wakil Gubernur Periode 2017-2022 yang diselenggarakan Selasa 13 September 2022 di Gedung DPRD Jakarta.

Saat menutup Rapat Paripurna, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi mengucapkan terima kasih atas pengabdian yang telah diberikan Anies dan Riza selama memimpin Jakarta. Prasetio mengakui Anies dan Riza telah membuat Jakarta menjadi lebih baik.

"Sebelum rapat paripurna ini kami akhiri, izinkan kami atas nama pimpinan dan anggota DPRD Provinsi DKI ucapkan terima kasih atas pengabdiannya selama memimpin DKI jadi lebih baik," kata Prasetyo.

Politisi PDIP itu menerangkan rapat kali ini merupakan salah satu proses administrasi dalam rangka pemberhentian kepala daerah. Dalam rapat tersebut hadir pula Gubernur Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria.

"Perlu kami sampaikan rapat paripurna hari ini adalah salah satu proses untuk kelengkapan administrasi dalam rangka pemberhentian kepala daerah dan wakil kepala daerah yang masa jabatannya berakhir pada tahun 2022," ujarnya.

Prasetyo menambahkan setelah pengumuman pemberhentian masih ada tahapan yang harus dilalui. DPRD harus mengusulkan Pejabat (Pj) Gubernur yang akan memimpin Jakarta. Nantinya akan ada 3 nama yang akan diusulkan DPRD ke Presiden melalui Menteri Dalam Negeri.

Prasetyo bersyukur semua proses berjalan dengan lancar. Ia berjanji nantinya proses pengusulan nama kandidat (Pj) Gubernur akan dilakukan secara transparan. Pengusulan bakal secara terbuka dan bisa disaksikan masyarakat umum.

Seperti diketahui, pemberhentian Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta akan berakhir pada 16 Oktober 2022. Berdasarkan surat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pengumuman pemberhentian dilakukan 30 hari sebelum masa jabatan berakhir.

Sedangkan Gubernur dan Wakil Gubernur baru akan dipilih pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang diselenggarakan pada 2024. Selama waktu tersebut Jakarta akan dipimpin oleh Pejabat (Pj) Gubernur.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Banding Ditolak, Ferdy Sambo Siapkan Langkah Hukum

Selasa, 20 September 2022 | 10:30 WIB
X