• Minggu, 25 September 2022

Eko Kuntadhi Hina Ustadzah Ponpes Lirboyo, PWNU Jatim Siapkan Langkah Hukum

- Rabu, 14 September 2022 | 15:00 WIB
Pegiat media sosial Eko Kuntadhi  (Instagram @ekokuntadhi)
Pegiat media sosial Eko Kuntadhi (Instagram @ekokuntadhi)

Watyutink.com - Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur bereaksi keras terhadap pegiat media sosial (medsos) Eko Kuntadhi. Pasalnya Eko melalui akun twitternya @_ekokuntadhi mencuitkan kata-kata yang menghina Ustadzah Ning Imaz Fatimatuz Zahra dari Pondok Pesantren (Ponpes) Lirboyo, Kediri, Jawa Timur. Ponpes Lirboyo adalah salah satu pesantren yang dihormati oleh kalangan Nahdlatul Ulama.

Wakil Sekretaris PWNU Jawa Timur Syukron Dosi mengatkan pihaknya menyiapkan langkah hukum atas penghinaan yang diucapkan Eko terhadap Ning Imaz. Namun Syukron menyatkan langkah hukum akan dilakukan jika pihaknya sudah mendapat izin dari Ponpes Lirboyo.  

"Langkah hukum sedang disiapkan NU Jatim," kata yukron Dosi saat memberkan keterangan Rabu 14 September 2022.

Syukron juga mendapat informasi Eko Kuntadhi berencana mendatangi kediaman Ning Imaz dan suaminya Rifqil Muslim Suyuthi atau Gus Rifqil. Eko dikabarkan bakal melakukan klarifikasi soal cuitannya pada Kamis 15 September 2022.

"Sambil menunggu lampu hijau dari pengasuh Ponpes Lirboyo dan tentunya dari Gus Rifqil dan Istri. Dengan catatan silaturrahim besok tidak dilakukan oleh si Eko," kata Syukron.

Sementara itu Eko Kuntadhi mengklaim hanya bercanda dengan cuitannya. Ia juga mengakui tidak cermat saat mengambil keterangan dari video yang selanjutnya diunggah di akun media sosialnya. Eko mengatakan potongan video ceramah Ning Imaz sudah terlebih dahulu tersebar di media sosial.

"Sebetulnya video itu, enggak tau video dari Tiktok dan saya kebetulan enggak cermat ambil caption-nya. Saya cuma bercanda di kontennya," kata Eko.

Saat memberikan keterangan Rabu 14 September 2022, Eko menyatakan sudah menyampaikan permintaan maaf kepada Ning Imaz dan Gus Rifqil melalui WhatsApp. Eko juga berencana menemui Ning Imaz dan Gus Rifqil di Ponpes Lirboyo guna menyampaikan permintaan maaf secara langsung.

"Ya pada prinsipnya saya sampaikan permohonan maaf ke suaminya secara WhatsApp. Besok saya sowan ke Lirboyo untuk menyampaikan permohonan maaf langsung. Dan beliau sudah akan terima saya ke Lirboyo," kata Eko kepada CNNIndonesia.com, Rabu (14/9).

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Banding Ditolak, Ferdy Sambo Siapkan Langkah Hukum

Selasa, 20 September 2022 | 10:30 WIB
X