• Minggu, 25 September 2022

KPK Bantah Anies Jadi Tersangka Kasus Korupsi Formula E

- Kamis, 15 September 2022 | 12:00 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tiba di Gedung KPK,  Rabu 7 September 2022 (Twitter )
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tiba di Gedung KPK, Rabu 7 September 2022 (Twitter )

Watyutink.com - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata membantah kabar yang menyebut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi balap mobil listrik Formula E.

Saat memberikan keterangan di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan Jakarta Selatan, Rabu 14 September 2022 Alexander menyatakan kasus dugaan korupsi Formula E masih belum naik ke tahap penyidikan. Sampai saat ini penyidik KPK masih terus mengusut kasus tersebut. Termasuk mencari apakah ada pelanggaran pidana pada kegiatan yang dilaksanakan pada Sabtu 4 Juni 2022 di Ancol, Jakarta Utara itu.

"Tidak benar," kata Alexander saat menjawab pertanyaan soal Anies jadi tersangka kasus Formula E.

Alexander menambahkan dalam kasus tersebut juga belum ada pihak yang dijadikan sebagai tersangka. Status kasus dugaan korupsi Formula E juga masih dalam tahap penyelidikan.

"Jadi belum ada penetapan tersangka atau peningkatan status dari proses penyelidikan ke penyidikan untuk kasus Formula E," tutur Alexander.

Sebelumnya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memenuhi janjinya menghadiri panggilan KPK pada Rabu, 7 September 2022. Anies dipanggil untuk dimintai keterangan terkait dugaan korupsi di ajang bakal mobil listrik Formula E.

Tidak seperti umumnya pejabat yang mendatangi KPK didampingi pengacara, Anies justru mendatangi kantor lembaga antirasuah di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan itu sendirian dan hanya ditemani ajudannya. Mengenakan baju dinas Pemprov DKI Jakarta berwarna putih, Anies membawa sebuah map berwarna biru yang diyakini berisi berkas-berkas pemeriksaan.

Tidak banyak komentar disampaikan mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu saat tiba di Gedung Merah Putih KPK sekitar pukul 09.30 WIB.

"Makasih ya, masuk dulu ya," ucap Anies.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Banding Ditolak, Ferdy Sambo Siapkan Langkah Hukum

Selasa, 20 September 2022 | 10:30 WIB
X