• Minggu, 25 September 2022

Anies Siap Maju jadi Capres, 4 Partai Beri Sambutan Positif

- Sabtu, 17 September 2022 | 11:55 WIB
Anies Baswedan siap maju sebagai Calon Presiden (Capres) 2024 (Instagram @aniesbaswedan)
Anies Baswedan siap maju sebagai Calon Presiden (Capres) 2024 (Instagram @aniesbaswedan)

Watyutink.com - Pernyataan kesiapan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan maju dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendapat respon dari berbagai pihak, termasuk kalangan partai politik (parpol). Sebanyak 4 partai politik bahkan langsung memberikan sambutan positif atas kesediaan menjadi Calon Presiden (Capres) setelah mengakhiri jabatannya di ibu kota.

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) bahkan menyatakan siap menjadi kendaraan bagi Anies dalam mengikuti Pilpres 2024. Ketua DPP PKS Ahmad Mabruri menyatakan nama Anies selalu berada di posisi atas berbagai survei. Hal ini menunjukkan Anies mempunyai elektabilitas yang cukup tinggi.

"Di survei juga elektabilitas Anies cenderung naik. Yang perlu disiapkan adalah kendaraan partai yang akan mengusungnya," ujar Ahmad.

Meskipun memberikan apresiasi kepada Anies, Ahmad menambahkan PKS terbuka dan terus berkoordinasi dengan capres lain.

"Peluang masih selalu ada. Buat capres lain juga tentu kita tidak menutup komunikasi," kata Ahmad saat memberikan keterangan Jumat 16 September 2022.

Deputi Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Demokrat Kamhar Lakumani memberikan tanggapan serupa. Saat memberikan keterangan Jumat 16 September 2022, Kamhar menyebut partainya menghormati penyataan kesediaan Anies maju dalam Pilpres 2024.

Kahmar bahkan menyatakan pihaknya  siap memasangkan Anies dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Menurut Kamhar antara Anies dan AHY serta Partai Demokrat mempunyai kedekatan historis.

"Kami menghormati sepenuhnya pernyataan kesediaan Mas Anies jika dicalonkan sebagai Capres. Mas Anies dengan Partai Demokrat dan Mas AHY memiliki kedekatan historis," kata Kamhar.

Kamhar menerangkan Partai Demokrat sejatinya adalah kendaraan pertama Anies di dunia politik. Itulah Anies dan AHY, sudah memiliki hubungan yang baik jauh sebelum keduanya aktif di politik.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Banding Ditolak, Ferdy Sambo Siapkan Langkah Hukum

Selasa, 20 September 2022 | 10:30 WIB
X