• Minggu, 25 September 2022

Pengamat Ragukan Pengakuan Ganjar Tak Kenal Eko Kuntadhi

- Minggu, 18 September 2022 | 10:00 WIB
Eko Kuntadhi, Ganjar Pranowo dan Denny Siregar (YouTube Cokro TV)
Eko Kuntadhi, Ganjar Pranowo dan Denny Siregar (YouTube Cokro TV)

Watyutink.com - Pengamat politik Dian Permata meragukan pernyataan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang mengaku tidak mengenal Eko Kuntadhi. Terlebih pegiat media sosial (medsos) yang kedatangan melakukan penghinaan terhadap Ustadzah Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri itu adalah mantan Ketua Umum Relawan Ganjarist.

Saat memberikan keterangan Jumat 16 September 2022, Dian mengaku sulit mencerna pernyataan Ganjar soal hubungannya dengan Eko Kuntadhi.

"Rada sulit mencerna bahwa bahwa Ganjar tidak kenal dengan Eko," ujar Dian.

Peneliti Senior Institut Riset Indonesia (Insis) ini mengatakan Relawan Ganjarist adalah institusi kelompok relawan politik yang cukup beken. Terlebih jika dikaitkan dengan profesi Eko sebagai influenser yang sangat aktif di media sosial. Eko juga tercatat pernah menjadi bagian dari tim pemenangan calon presiden (Capres).

"Punya rekam jejak ciamik. Di antaranya menjadi bagian tim pemenangan capres. Di dunia profesional seperti relawan ataupun influencer, Eko adalah panutan. Bahkan, acapkali jadi rujukan," ujarnya.

Dian menambahkan dengan kepopuleran nama Eko Kuntadhi di dunia medsos, aneh jika kemudian Ganjar mengaku tidak mengenalnya. Dilihat dadi nama kelompok relawan yang pernah dipimpin Eko, 'Ganjarist' menurut Dian bisa diduga seperti apa hubungan keduanya.

"Jadi tidak ada alasan ganjar tidak kenal Eko. Selain karena terkenal, nama ia digunakan sebagai identifikasi gerakan relawan politik," tambah Dian.

Dosen Universitas Ibnu Chaldun ini pun memberikan bukti hubungan Ganjar dan Eko. Dian menunjukkan video sebuah diskusi yang ditayangkan kanal YouTube Cokro TV pada 5 Desember 2019 dengan judul "Gaya Ganjar Menggebrak Jateng (Ganjar Pranowo, Denny Siregar, dan Eko Kuntadhi. Sruput Kopi)."

Dalam video itu terlihat Ganjar dan Eko duduk bersebelahan dengan jarak kurang dari 1 meter. Dian menilai hal itu menunjukkan Ganjar mengenal baik Eko Kuntadhi.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Banding Ditolak, Ferdy Sambo Siapkan Langkah Hukum

Selasa, 20 September 2022 | 10:30 WIB
X