• Minggu, 25 September 2022

Ketua PKS Sebut Anies Baswedan Penuhi Kriteria Capres Majelis Syuro

- Minggu, 18 September 2022 | 14:30 WIB
Anies Baswedan penuhi kriteria Capres Majelis Syuro PKS   (Instagram @aniesbaswedan)
Anies Baswedan penuhi kriteria Capres Majelis Syuro PKS (Instagram @aniesbaswedan)

Watyutink.com - Partai Keadilan Sejahter (PKS) semakin menunjukkan tanda-tanda bakal mengusung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai Calon Presiden (Capres). Terlebih setelah Anies mengungkapkan kesiapan tampil sebagai salah satu kontestan di ajang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Sinyal bakal mengusung Anies terlihat dari pernyataan Ketua Departemen Politik DPP PKS, Nabil Ahmad Fauzi. Saat berbicara kepada awak media, Sabtu 17 September 2022, Nabil menyebut Anies telah masuk radar PKS guna diusung pada Pilpres 2024.

Nabil menerangkan mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu mempunyai karakter yang sesuai dengan PKS, yakni Nasionalis-Religius. Bahkan menurut Nabil figur Anies sesuai dengan  kriteria bakal capres yang diputuskan dalam Musyawarah Majelis Syura PKS ke-VII di Bandung, 14-15 Agustus 2022 lalu.

"Yakni memiliki karakter nasionalis-religius, berpeluang besar untuk menang, dan menjadi simbol perubahan untuk Indonesia yang lebih baik," ujarnya.

Nabil menuturkan, ke depan Indonesia membutuhkan figur yang bisa bertindak tegas dalam menyatakan sikap. Ia pun meyakini menjelang 2024 bakal semakin banyak figur yang tampil dan menyatakan siap maju memasuki konstalasi kepemimpinan nasional.

"Hal ini baik bagi masyarakat, karena dapat lebih awal mendapatkan informasi, rekam jejak dan pilihan-pilihan figur pemimpin nasional yang semakin beragam," ungkap Nabil.

Sebelumnya Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKS DKI Jakarta Khoirudin mengungkapkan keunggulan Anies Baswedan sehingga layak menjadi Presiden RI ke-8. Saat berbicara Jumat 16 September 2022, Khoirudin menyebut Anies adalah
sosok yang cerdas. Terbukti dengan gelar Doctor of Philosophy (Ph.D) atau S3 dari
Northern Illinois University, Amerika Serikat.

Selama memimpin Jakarta, Anies juga mendapat banyak penghargaan. Mantan Rektor Universitas Paramadina itu juga berasal dari keluarga terhormat. Kakenya, Abdurrahman Baswedan atau  A.R. Baswedan adalah pahlawan nasional sekaligus mantan Wakil Menteri Penerangan di era Presiden Soekarno. Itulah sebabnya jiwa nasionalisme Anies tidak perlu diragukan lagi.

Anies menurut Khoirudin juga mempunyai kepribadian yang tenang dan tidak tempramental. Terbukti walau kerap dihujat, Anies tetap menunjukkan sikap santun dan terus mendulang prestasi.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Banding Ditolak, Ferdy Sambo Siapkan Langkah Hukum

Selasa, 20 September 2022 | 10:30 WIB
X