• Minggu, 25 September 2022

Anies Foto Bareng Paloh, AHY, dan Syaikhu, Pengamat: Tinggal Tunggu Hari yang Pas untuk Deklarasi

- Senin, 19 September 2022 | 09:00 WIB
Ahnady Syaikhu, AHY, Surya Paloh, Anies Baswedan dan JK berfoto bersama di acara pernikahan anak Sugeng Prawoto  (Twitter @andiarief_)
Ahnady Syaikhu, AHY, Surya Paloh, Anies Baswedan dan JK berfoto bersama di acara pernikahan anak Sugeng Prawoto (Twitter @andiarief_)

Watyutink.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dikabarkan telah bertemu dengan 3 pimpinan Partai, yakni Ketua Umum (Ketum) Partai NasDem Surya Paloh, Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Ketum PKS Ahmad Syaikhu. Hadil pula mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Pertemuan tersebut diketahui setelah Kepala Badan Pemenangan Pemilihan Umum (Bappilu) DPP Andi Arief mengunggah foto kelima tokoh tersebut melalui akun twitter pribadinya, @andiarief_, Minggu 18 September 2022. Andi menerangkan pertemuan Anies, Surya Paloh, AHY, Syaikhu dan Jusuf Kalla terjadi di acara pernikahan anak Sugeng Prawoto, kader Partai NasDem.

Andi menyebut pertemuan itu seolah menjadi pertanda bakal ada kesepakatan kerjasaam antara 3 partai tersebut dengan Anies dalam menghadapi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Andi juga menambahkan komentar bahwa tidak ada yang tahu doa siapa yang akan diterima.

"Kita tidak tahu doa siapa yang akan diterima langit," tulis Andi di akunnya.

Pengamat politik Adi Prayitno sebelumnya mengatakan baik NasDem, Demokrat maupun PKS sama-sama terpikat dengan figur Anies Baswedan. Ketiga partai bahkan sudah membuat grup kecil guna memuluskan rencana koalisi guna menghadapi 2024.

Saat berbicara dengan awak media, Sabtu 17 September 2022, Adi mengungkapkan keyakinannya deklarasi koalisi bakal dilaksanakan tak lama lagi. Menurutnya tinggal menunggu momen yang pas saja.

"Gosip 3 partai ini sudah bikin grup kecil menjajaki kemungkinan koalisi bersama. Itu artinya 3 partai ini serius berkoalisi," kata Adi.

Direkrur Eksekutif Parameter Politik Indonesia menerangkan NasDem, PKS, Demokrat memiliki selera politik yang sama, yakni ingin melawan dominasi kekuatan politik pro pemerintah saat ini. Titik temu dari ketiga partai tersebut menurut Adi adalah Anies Baswedan.

"Sepertinya mereka tinggal nunggu momen pas untuk deklarasi. Tentunya sambil menimbang kemungkinan menduetkan Anies-AHY," pungkas Adi.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Banding Ditolak, Ferdy Sambo Siapkan Langkah Hukum

Selasa, 20 September 2022 | 10:30 WIB
X