• Minggu, 25 September 2022

Menteri PUPR Beri Sinyal Tarif Tol Bakal Naik Ikuti Harga BBM

- Kamis, 22 September 2022 | 13:30 WIB
Kementerian PUPR menyebut tarif jalan tol bakal naik (Instagram @pupr_bpjt)
Kementerian PUPR menyebut tarif jalan tol bakal naik (Instagram @pupr_bpjt)

Watyutink.com - Pemerintah memberikan sinyal bakal ada penyesuaian atau kenaikan tarif jalan tol. Hal ini sebagai akibat kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) yang diputuskan Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa saat lalu.

Sinyal adanya penyesuaian tarif jalan tol disampaikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono saat berbicara usai meninjau Tol Ciawi-Sukabumi Seksi 2, Jalan Tenjo Ayu, Sukabumi, Jawa Barat, Selasa 20 September 2022.

Basuki mengatakan penyesuaian tarif tol dilakukan setelah melihat kondisi perekonomian nasional yang sudah kembali bergerak pasca pandemi Covid-19. Selain itu penyesuaian juga dilakukan seiring keputusan pemerintah menaikkan harga BBM.

Basuki memastikan nantinya tarif jalan tol yang baru akan ditentukan sesuai aturan yang ada. Termasuk juga memperhatikan tingkat inflasi yang terjadi.

"Kalau tarif tol karena ini kondisi pandemi Covid-19 agak saya tahan-tahan (kenaikan tarif tol), sekarang sudah bergerak ekonominya, sesuai aturan, sesuai inflasi, kita coba penyesuaiannya (tarif tol)," kata Basuki.

Mantan Direktur Jenderal Penataan Ruang Kementerian Pekerjaan Umum ini menambahkan tarif baru jalan tol juga akan mempertimbangkan kemampuan masyarakat. Basuki menyebut pihaknya selalu melakukan survei terkait tarif jalan tol yang sesuai untuk masyarakat.

"Selama penyesuaiannya willingness to pay-nya masih di bawah yang kita selalu survei, kita akan sesuaikan," ujarnya.

Peraih gelar Doctor of Philosophy (Ph.D) dari University of Colorado, Amerika Serikat (AS) ini menerangkan penyesuaian tarif tol juga akan berpengaruh pada pelayanan tol dan iklim investasi.

"Mudah-mudahan kita lihat, selama ini saya kadang-kadang dikomplain melanggar undang-undang tapi selama membela masyarakat," pungkasnya.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Banding Ditolak, Ferdy Sambo Siapkan Langkah Hukum

Selasa, 20 September 2022 | 10:30 WIB
X