• Rabu, 30 November 2022

Tiga Partai Siap Deklarasikan Anies Baswedan Capres 2024 Kamis 10 November 2022

- Rabu, 28 September 2022 | 09:00 WIB
Anies Baswedan bakal dideklarasikan sebagai Capres pada 10 November 2022 (Instagram @aniesbaswedan)
Anies Baswedan bakal dideklarasikan sebagai Capres pada 10 November 2022 (Instagram @aniesbaswedan)

Watyutink.com - Jalan bagi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tampil sebagai salah satu kandidat Presiden RI tampaknya semakin terbuka. Tiga partai dikabarkan sudah ancang-ancang untuk mendekalrasikan Anies sebagai Calon Presiden (Capres) 2024.

Ketiga partai tersebut adalah Partai NasDem, Partai Demokrat dan PKS. Bahkan jadwal deklarasi Anies Baswedan sebagai Capres sudah ditetapkan pada Kamis 10 November 2022.

Politisi Partai NasDem Zulfan Lindan saat memberikan keterangan Selasa 27 September 2022 mengatakan deklarasi dilakukan hanya untuk Calon Presiden atau Capres. Sedangkan untuk posisi Calon Wakil Presiden (Cawapres), Zulfan menyebut masih dalam pembahasan ketiga partai pengusung.

Zulfan menerangkan yang penting dilakukan saat ini adalah menentukan siapa figur yang akan diusung sebagai Capres. Sementara sosok Cawapres akan didiskusikan kemudian. Zulfan memastikan komunikasi ketiga partai terus berlangsung guna menentukan langkah berikutnya, termasuk menentukan siapa yang akan menjadi Cawapres mendampingi Anies Baswedan.

“Kan yang urgent itu capres duluan, tapi kalau dari sekarang sampai 10 November soal cawapres sudah selesai ya, ya (diumumkan -red) bareng-bareng, tapi kalau belum kan bisa dilanjutkan lagi,” kata Zulfan.

Terkait dipilihnya Anies Baswedan, mantan anggota DPR RI ini menerangkan sedari awal Partai NasDem mengusulkan 3 nama yang mungkin diusung sebagai Capres. Ketiganya adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Namun dalam perkembangannya menurut Zulfan, Anies Baswedan lebih memungkinkan untuk diusung dan didukung pada gelaran Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

“Kandidat capres yang akan diusung Partai Nasdem itu ada 3 kan sejak awal, Pak Andika Perkasa, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan. Secara logika politik yang paling memungkin kan ya Anies Baswedan dan memang akan diumumkan,” ungkap Zulfan.

Ia menambahkan persiapaj deklarasi Anies Baswedan sebagai Capres sudah mencapai 99 persen. Hanya tinggal menentukan teknisnya saja, seperti lokasi dan jam pelaksanaan deklarasi.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

X