• Rabu, 30 November 2022

Tuai Banyak Kritikan, Program Kompor Listrik Resmi Dibatalkan

- Rabu, 28 September 2022 | 10:30 WIB
Dirut PT PLN Darmawan Prasodjo  (Dok. PT PLN )
Dirut PT PLN Darmawan Prasodjo (Dok. PT PLN )

Watyutink.com - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) memutuskan program kompor listrik dibatalkan. Program tersebut semula direncanakan bakal menggantikan penggunaan gas Elpiji 3 kilogram (kg).

Pengumuman pembatalan program kompor listrik disampaikan Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo saat memberikan keterangan resmi Selasa 27 September 2022. Darmawan mengatakan keputusan pembatalan diambil guna menjaga kenyamanan masyarakat dalam pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19.

"PLN memutuskan program pengalihan ke kompor listrik dibatalkan. PLN hadir untuk memberikan kenyamanan di tengah masyarakat melalui penyediaan listrik yang andal," ujar Darmawan.

Dalam keterangannya, Darmawan menambahkan pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) juga memutuskan tidak ada kenaikan tarif listrik. Hal ini dilakukan untuk menjaga daya beli dan stabilitas ekonomi masyarakat.

"Tidak ada kenaikan tarif listrik. Ini untuk menjaga peningkatan daya beli masyarakat dan menjaga stabilitas ekonomi," tutur politisi PDIP ini.

Pemerintah menurut Darmawan juga tidak akan menghapus listrik dengan daya 450 Volt Ampere (VA). Ia memastikan tidak ada perubahan daya dari 450 VA ke 900 VA.

"Keputusan pemerintah sudah sangat jelas. Tidak ada perubahan daya dari 450 VA ke 900 VA," jelas mantan Deputi 1 Kantor Staf Presiden (KSP) ini.

Sementara itu pengamat energi Mamit Setiawan menilai pembatalan program kompor listrik lebih dikarenakan banyaknya kritik yang disampaikan berbagai pihak. Jika program tersebut dilanjutkan dikhawatirkan bisa memicu gejolak di masyarakat.

"Memang ada gejolak di masyarakat ini akhirnya kebijakan (kompor listrik) dibatalkan," ujar Mamit.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

X