• Rabu, 30 November 2022

Ketua MPR Sebut 79 Persen Orang Indonesia Siap Angkat Senjata Bela Tanah Air

- Kamis, 29 September 2022 | 15:00 WIB
Ketua MPR Bambang Soesetya, Menko Polhukam Mahfud MD dan Ketua GBN Erros Djarot saat melihat pameran lukiasan Bhineka Culture Festival  (watyutink.com/yusuf rinaldy )
Ketua MPR Bambang Soesetya, Menko Polhukam Mahfud MD dan Ketua GBN Erros Djarot saat melihat pameran lukiasan Bhineka Culture Festival (watyutink.com/yusuf rinaldy )

Watyutink.comKetua MPR RI Bambang Soesetyo mengatakan tantangan bangsa Indonesia ke depan tidak ringan bahkan semakin berat. Terlebih jika dikaitkan dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat. Pria yang biasa disapa Bamsoet ini menyatakan kemajuan teknologi justru bisa menjadi ancaman bagi nilai-nilai bangsa.

Hal itu disampaikan Bamsoet saat menghadiri pembukaan acara Bhineka Culture Festival yang di Gedung Gerakan Bhineka Nasionalis, Jl Penjernihan 1 Nommor 50, Pejompongan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu 28 September 2022.

Dalam pernyataannya, Bamsoet menyebut budaya keindonesiaan sangat penting dijaga agar tidak tergerus kemajuan jaman yang sangat pesat. Hal ini pula yang membuat Bamsoet sangat mendukung inisiatif budayawan Erros Djarot membentuk Gerakan Bhineka Nasionalis (GBN) yang menyelenggarakan Bhineka Culture Festival.   

“Kita dukung dan menyambut baik inisiatif dari Mas Erros Djarot membentuk Gerakan Bhineka Nasionalis (GBN), sekaligus menyelenggarakan Bhineka Culture Festival,” ujar Bamsoet.

Politisi Partai Golkar ini menerangkan hasil survei yang dilaksanakan beberapa saat lalu menunjukkan 97 persen warga negara Indonesia (WNI) bangga menjadi orang Indonesia. Hasil ini menurut Bamsoet membuat bangga dan patut disyukuri. Selain itu 79,3 persen orang Indonesia menyatakan siap mengangkat senjata membela kedaulatan tumpah darah Indonesia.

Namun menurut mantan Ketua DPR RI ini hasil survei menunjukkan 60 persen masyarakat menganggap Pancasila penting untuk diketahui. Artinya, menurut Bamsoet tingkat pengetahuan masyarakat tentang dasar negara Indonesia itu tergolong biasa-biasa saja.

“Padahal yang kita harapkan adalah seluruh rakyat Indonesia paham, tahu dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila,” tutur Bamsoet.

Bamsoet dan Mahfud MD melihat karikatur yang dipamerkan di acara Bhineka Culture Festival (watyutink.com/yusuf rinaldy )

Politisi kelahiran Jakarta, 60 tahun lalu ini menerangkan Pancasila selama ini telah menyatukan Indonesia yang terdiri dari 17.500 pulau yang membentang dari Sabang sampai Merauke. Bamsoet mengungkapkan jika melakukan perjalanan dengan pesawat mengitari Indonesia bisa memakan waktu 7-8 jam. Jika dengan waktu yang sama digunakan untuk menempuh perjalanan ke Eropa, menurutnya bisa melewati puluhan negara.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

X