• Rabu, 30 November 2022

Sebut Kasus Brigadir Yoshua Biasa Saja, Jaksa Agung: Pelakunya Luar Biasa

- Jumat, 30 September 2022 | 09:00 WIB
Jaksa Agung Sanitiar (ST) Burhanuddin  (Instagram @jaksa_agungri)
Jaksa Agung Sanitiar (ST) Burhanuddin (Instagram @jaksa_agungri)

Watyutink.com - Kasus dugaan pembunuhan berencana terhadap Brigadir Yoshua Nopryansah Hutabarat menjadi semakin menarik disimak. Pasalnya berkas kasus yang melibatkan mantan Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo itu sudah lengkap atau P21. Sehingga tak lama lagi kasus tersebut bakal segera masuk ruang sidang.

Berbagai pihak menyebut dugaan pembunuhan Brigadir Yoshua adalah kasus besar. Pasalnya kasus yang terjadi pada Jumat 8 Juli 2022 di Komplek Polri, Duren Tiga, Jakarta Selatan itu menyita perhatian masyarakat.

Namun Jaksa Agung Sanitiar (ST) Burhanuddin menyatakan kasus dugaan pembunuhan Brigadir Yoshua sebenarnya biasa saja. Burhanuddin mengatakan bukanlah kasus yang rumit apalagi susah. Hanya saja menurut Burhanuddin pelakunya yang luar biasa. 

"Kalau kasusnya sendiri nggak terlalu ruwet kok, biasa bagi jaksa," kata Burhanuddin.

Saat menjadi narasumber di acara Satu Meja The Forum Kompas TV, Rabu 28 September 2022, Burhanuddin menjelaskan pelaku dalam pembunuhan kasus Brigadir Yoshua atau Brigadir J banyak, hampir semua adalah anggota Polri. Beberapa diantaranya adalah perwira tinggi, seperti Irjen Ferdy Sambo dan Brigjen Hendra Kurniawan.

Hal inilah yang menurut Burhanuddin menjadikan kasus tersebut seolah luar biasa. Mantan Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan dan Barat ini menyebut kasus ini menjadi unik karena korbannya polisi, pelakunya polisi dan tempak kejadian perkara (TKP) di rumah polisi.

"Cuma sekarang yang luar biasa adalah pelakunya seorang jenderal, menembak di rumah jenderal, yang ditembak juga anggota polisinya juga. Polisi nembak polisi," tutur Burhanuddin.

Itulah sebabnya Kejaksaan Agung telah menyiapkan segala hal untuk menangani kasus yang menjadi sorotan publik ini. Burhanuddin mengaku pihaknya berupaya bekerja secara profesional dan transparan dalam mengungkap kasus ini.

Dalam menyusun dakwaan, kejaksaan akan bertindak cermat dengan memperhatikan fakta-fakta yang ada. Burhanuddin berjanji pihaknya akan berupaya mengungkap kasus pembunuhan Brigadir Yoshua menjasi terang benderang.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

X