• Rabu, 30 November 2022

Izinkan Perkawinan Beda Agama, Kemenag: Tapi Tidak Mengesahkan

- Jumat, 30 September 2022 | 13:00 WIB
Dirjen Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin (kemenag.go.id)
Dirjen Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin (kemenag.go.id)

Watyutink.com - Kabar mengejutkan datang dari Kementerian Agama (Kemenag) RI. Instansi yang dipimpin Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas itu dikabarkan mengizinkan perkawinan beda agama. Kabar tersebut sontak mengejutkan berbagai pihak yang selama ini menolak perkawinan beda agama, terutama dari kalangan Islam.

Direktur Jenderal (Dirjen) Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kemenag Kamaruddin Amin mengatakan izin diberikan hanya untuk keperluan pencatatan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil). Saat memberikan keterangan Kamis 29; September 2022, Kamaruddin menegaskan Kemenag tidak akan mengesahkan perkawinan beda agama.

Kamaruddin menuturkan Kemenag mempunyai pertimbangan sebelum memutuskan memberikan rekomendasi perkawinan beda agama. Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar ini menjelaskan ketika sudah mendapat persetujuan, orang yang nikah beda agama boleh dicatatkan.

"Tapi tidak berarti pengadilan agama mengesahkan perkawinan itu. Jadi undang-undang kita seperti itu," tegas Kamaruddin.

Wakil Syuriah PWNU Sulawesi Selatan ini menambahkan ketentuan tersebut tertuang dalam undang-undang tentang administrasi kependudukan dan undang-undang tentang perkawinan. Kamaruddin kembali menegaskan Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah mengeluarkan fatwa pernikahan beda agama hukumnya haram dan tidak sah.

Sementara itu Direktur Bina KUA dan Keluarga Sakinah Kemenag Adib Machrus menjelaskan pihaknya telah membahas dengan sejumlah pakar terkait pernikahan beda agama. Forum diskusi yang dilakukan menyepakati pernikahan disebut sah apabila dilakukan berdasarkan hukum agama masing-masing. Hal itu seperti tercantum dalam Undang-Undang (UU) Perkawinan,

"Itu disepakati sebagai norma umum tentang ketidakbolehan perkawinan beda agama. Ini menjadi dasar semuanya," kata Adib.

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

X