• Rabu, 30 November 2022

PKS Wacanakan AHY Cawapres Dampingi Anies, Khofifah jadi Alternatif

- Sabtu, 1 Oktober 2022 | 11:30 WIB
Pasangan Anies-AHY diprediksi bakal tak tertandingi pada Pilpres 2024 (Instagram @aniesbaswedan)
Pasangan Anies-AHY diprediksi bakal tak tertandingi pada Pilpres 2024 (Instagram @aniesbaswedan)

Watyutink.com - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) saat ini dikabarkan tengah mencari figur yang tepat untuk dipasarkan dengan Anies Baswedan. Nantinya figur tersebut akan melengkapi pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden (Capres-Cawapres) yang bakal diusung pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Salah satu nama yang mengemuka adalah Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera AHY sangat tepat dipasangkan dengan Anies. Pasalnya keduanya adalah sosok muda yang sama-sama berkualitas. Selain itu baik Anies maupun AHY mempunyai pendukung yang sangat besar. Saat memberikan keterangan, Kamis 29 September 2022, Mardani menyebut pasangan Anies-AHY sangat tepat memimpin dan membawa Indonesia menjadi negara maju.

"Duet Mas Anies dan Mas AHY keren. Muda dan berkualitas. Pasangan yang bagus. Tapi mesti dipastikan pasangan ini dapat dukungan mayoritas dari pemilih Jateng dan Jatim. Dan Indonesia pada umumnya," kata Mardani.

Jika Anies dan AHY benar-benar berpasangan, Mardani menilai hal itu menjadi berkah bagi rakyat Indonesia. Anggota DPR RI ini menambahkan saat ini PKS tengah berkoordinasi dengan mitra koalisi yang lain. Termasuk mencari alternatif lain, salah satunya memasangkan Anies dengan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

"Selama hasil musyawarah bersama, Insyaallah berkah. Kalau di PKS (musyawarah) tentu Ketua dan para Wakil Ketua Majelis Syuro dan mitra koalisi. Tapi opsi lain juga masih dikaji. Misal Mas Anies dengan Mba Khofifah," ujarnya.

Maedani menambahkan sosok Khofifah memang layak dipertimbangkan sebagai cawapres alternatif. Selain mempunyai dukungan yang kuat di Jawa Timur, mantan Menteri Sosial (Mensos) juga mempunyai massa yang cukup besar dari kalangan Nahdlatul Ulama (NU). Pasalnya Khofifah adalah Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Muslimat NU.

"Terbukti punya suara di Jatim. Dan punya massa dari muslimat. Tapi apapun keputusan musyawarah pimpinan akan disambut antusias kader PKS," imbuhnya.

Bak gayung bersambut, wacana menduetkan Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono mendapat sambutan dari Partai Demokrat. Terlebih beberap survei yang dilakukan menempatkan pasangan Anies-AHY pada posisi teratas Capres-Cawapres yang bakal dipilih rakyat. Merujuk pada hasil survei itu berbagai pihak bahkan menyakini duet Anies-AHY bakal tak tertandingi pada Pilpres 2024.

"Kami juga mendapat banyak informasi lembaga-lembaga survei kalau bicara pasangan Anies-AHY itu misalnya hampir tanpa tanding, ini katanya nih, kata lembaga survei besar ya," kata politisi Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

X