• Rabu, 30 November 2022

Kapolri Siap Hadapi Tantangan Ferdy Sambo di PTUN

- Sabtu, 1 Oktober 2022 | 13:30 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat mengumumkan penahanan istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, Jumat 30 September 2022 di Mabes Polri  (Instagram @divisihumaspolri)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat mengumumkan penahanan istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, Jumat 30 September 2022 di Mabes Polri (Instagram @divisihumaspolri)

Watyutink.com - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menegaskan pihaknya siap menghadapi gugatan yang mungkin diajukan mantan Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo. Gugatan dilayangkan terkait keputusan Kapolri yang memecat Ferdy Sambo dari dinas kepolisian lantaran menjadi tersangka dalam kasus pembunuhan berencana Brigadir Yoshua Nopryansah Hutabarat.

Saat memberikan keterangan usai mengikuti upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Pancasila Sakti Lubang Buaya Sabtu, 1 Oktober 2022, Listyo mengatakan dirinya terus memantau perkembangan kasus pembunuh Brigadir Yoshua. Termasuk jika Ferdy Sambo mengajukan gugatan atas pemecatannya ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN).

“Siap (untuk menghadapi gugatan PTUN). Ya tentunya kita ikuti saja. Yang jelas, Polri akan mengawal,” ujar mantan Kabareskrim Polri ini.

Sebelumnya Ferdy Sambo dikabarkan bakal mengambil langkah hukum setelah permohonan bandingnya ditolak Komisi Kode Etik Polri (KKEP). Pengacara keluarga Ferdy Sambo, Arman Hanis menegaskan kliennya tidak akan tinggal diam dengan putusan tersebut.

Namun Arman tidak bisa menentukan apa langkah hukum yang akan diambil Ferdy Sambo. Saat memberikan keterangan Selasa 20 September 2022, Arman menyatakan pihaknya akan terlebih dahulu mempelajari putusan sidang KKEP. Setelah itu barulah akan dipertimbangkan langkah selanjutnya.

Pengacara keluarga Ferdy Sambo, Arman Hanis (Istimewa )

"Terkait putusan banding tersebut, nanti kami akan pelajari dulu putusan bandingnya, pertimbangannya seperti apa. Setelah itu baru kami akan melakukan langkah hukum yang diatur dalam perundang-undangan," katanya Arman.

Seperti diberitakan sebelumnya, Ferdy Sambo akhirnya resmi dipecat dari dinas Kepolisian. Hal ini setelah Komisi Kode Etik Polri (KKEP) Banding menolak permohonan banding yang diajukan Ferdy Sambo. Keputusan tersebut disampaikan dalam sidang banding yang digelar Senin 19 September 2022 di Gedung Transnational Crime Center (TNCC), Mabes Polri, Jakarta Selatan.

“Komisi banding memutuskan menolak permohonan banding Ferdy Sambo ,” kata Irwasum Komjen Agung Budi Maryoto yang bertidak sebagai pimpinan sidang.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

X