• Rabu, 30 November 2022

Tunggu Golkar Batalkan Pencalonan Airlangga, PPP Pertimbangankan Dukung Anies jadi Capres

- Rabu, 5 Oktober 2022 | 13:00 WIB
Wakil Ketua Umum PPP Arsul Sani (Instagram @arsul_sani_af)
Wakil Ketua Umum PPP Arsul Sani (Instagram @arsul_sani_af)

Watyutink.com - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) saat ini tengah menunggu kepastian sikap Partai Golkar terkait calon yang bakal diusung pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. PPP menantikan koleganya di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) itu mencabut pencalonan Airlangga Hartarto sebagai calon presiden (Capres) 2024.

Wakil Ketua Umum PPP Arsul Sani saat memberikan keterangan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa 4 Oktober 2022 mengatakan pihaknya masih menunggu keputusan resmi Partai Golkar. Sikap itu pula yang menurut Arsul menjadi alasan mengapa sampai saat ini KIB yang beranggotakan Partai Golkar, PPP, dan PAN masih belum mengumumkan nama figur yang bakal diusung sebagai Capres 2024.

Arsul menerangkan sampai saat ini Golkar masih terikat dengan keputusan Musyawarah Nasional (Munas) yang memutuskan bakal mendukung Airlangga sebagai Capres. Itu sebabnya kalau Golkar berubah pikiran harus terlebih dahulu menarik keputusan munas dan membatalkan mengusung ketua umumnya pada 2022.

"Kita tahu bahwa posisi Partai Golkar masih terikat dengan hasil Munasnya yakni mengusung Pak Ketum Airlangga jadi capres. Itu tentu harus ada mekanisme di Partai Golkar yang disepakati semua kalau misalnya diusung bukan Pak Airlangga," ujar Arsul.

Terkait figur Capres yang akan diusung, anggota Komisi III DPR RI ini menyatakan PPP tidak akan terburu-buru memunculkan nama. Arsul memperkirakan partainya baru akan mengumumkan nama Capres di awal tahun depan.

"Jadi PPP kira-kira itu baru akan memutuskan dan itu kalau diputuskan tidak akan satu nama, itu paling cepat di awal tahun 2023," katanya

Arsul menambahkan PPP masih mempunyai agenda internal pada November 2022. Nantinya bisa jadi akan muncul usulan nama dari pengurus cabang dan wilayah di seluruh Indonesia. Arsul menuturkan, sampai saat ini baru DPW PPP DKI Jakarta yang sudah memunculkan nama, yakni Anies Baswedan.

Anies Baswedan mendapat dukungan dari peserta Muskercab PPP Se-Jakarta untuk maju sebagai Capres 2024, Minggu 25 September 2022

Sementara itu terkait Deklarasi Capres Anies Baswedan oleh Partai NasDem, Arsul menegaskan PPP mengapresiasi langkah tersebut. Menurutnya keputusan Partai NasDem adalah bagian dari upaya mewujudkan proses demokrasi yang baik di Indonesia.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

X