• Rabu, 30 November 2022

Tantang Pihak yang Menuduhnya Korupsi, Anies: Tunjukkan Kalau Saya Ambil Uang Formula E

- Kamis, 6 Oktober 2022 | 16:02 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

Watyutink.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan dirinya tidak melakukan korupsi, mengambil uang atau kejahatan apa pun dalam penyelenggaraan ajang balap mobil listrik Formula E di Jakarta. Anies bahkan menantang pihak-pihak yang menuduhnya agar membuktikan semua tuduhannya.

Saat menjadi tamu di sebuah acara di CNN TV, Kamis 6 Oktober 2022, Anies mengatakan sebuah tuduhan menjadi batal jika pihak yang menuduh tidak bisa memberikan pembuktian. Menurut Anies seharusnya pihak yang menuduhlah yang harus membuktikan dan bukan sebaliknya.   

"Bila Anda katakan saya ambil uang, tunjukkan, bila tidak ada buktinya, maka tuduhan Anda batal. Jangan dibalik, setiap orang yang dituduh harus memberikan pembuktian.Dalam semua sifat penuduhan, yang harus membawa bukti adalah yang penuduh, bukan yang dituduh. Di mana-mana kalau Anda menuduh membawa bukti, habis energi orang kalau yang dituduh harus membawa bukti, habis energi kita. Jadi yang harus membawa bukti adalah yang menuduh, kalau Anda tidak bisa membuktikan tuduhannya, tidak bisa membawa bukti, batalin tuduhan itu," ujar Anies.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) ini kembali menegaskan dirinya tidak pernah mengambil keuntungn apalagi menerima sejumlah uang dalam penyelenggaraan ajang balap mobil listrik Formula E. Anies menerangkan ajang otomotif bernama Jakarta E-Prix 2022 itu diselengarakan oleh lembaga internasional yang mempunyai reputasi sangat baik.

Anies menambahkan, pihak Formula E yang bekerja sama dengan Pemprov DKI, selama ini telah beroperasi di beberapa negara yang mempunyai aturan terkait pembukuan dan keuangan yang sangat ketat. Terlebih semua rapat yang diselenggarakan pihak Formula E dengan Pemprov DKI sudah direkam. Sehingga bisa dengan mudah dibuka jika memang ada penyimpangan.

“Tapi saya, tidak pernah terima, dan ini adalah sebuah project untuk Indonesia yang kita berurusan dengan lembaga internasional, yang memiliki reputasi," katanya.

Anies mengatakan Formula E merupakan program yang ditetapkan berdasarkan Perda DKI Jakarta. Ia pun bersyukur Formula E berjalan dengan lancar dan terlaksana dengan baik. Keberhasilan penyelenggaraan Formula E menurutnya bukan hanya hasil kerja gubernur, melainkan hasil kerja keras jajaranya dan semua pihak yang turut berperan sehingga Formula E di Jakarta bisa berlangsung dengan suskes dan menuai pujian dunia.

"Saya bersyukur bahwa program ini adalah program yang ada di dalam APBD kita dan sebagai gubernur yang mendapatkan amanat atas perintah undang-undang untuk melaksanakan APBD, itu terlaksana dengan baik. Formula E itu bukan programnya Pak Gubernur, Formula E itu programnya Pemprov DKI Jakarta, dan gubernur beserta jajarannya melaksanakan program itu," sebut Anies.

Terkait adanya indikasi dirinya menjadi sasaran atau target pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsui (KPK), Anies yakin lembaga antirasuah itu akan bekerja secara profesional.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

X