• Minggu, 29 Januari 2023

PKS Mungkin Gabung Gerindra-PKB jika Aher Tak Jadi Cawapres, Jubir: Jangan Berandai-andai

- Senin, 7 November 2022 | 16:00 WIB
Juru Bicara PKS Muhammad Kholid (pks.id)
Juru Bicara PKS Muhammad Kholid (pks.id)

Watyutink.com - Juru Bicara (Jubir) PKS Muhammad Kholid menyatakan tidak mau berandai-andai partainya bakal bergabung dengan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya bersama Partai Gerindra dan PKB. Kabar tersebut berhembus lantaran sampai saat ini belum ada kepastian siapa yang bakal menjadi Calon Wakil Presiden Cawapres mendampingi Anies Baswedan.

PKS diketahui menyodorkan nama Wakil Ketua Majelis Syura PKS yang juga mantan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan atau Aher sebagai Cawapres.

Kholid menegaskan PKS ingin proses pembahasan soal Cawapres berjalan dengan rasional dan objektif. Termasuk dalam rencana pembentukan koalisi 3 partai yakni Partai NasDem, Partai Demokrat dan PKS

"Kami tidak mau berandai-andai, kita lalui saja prosesnya dengan rasional dan obyektif sesuai dengan kesepakatan," kata Kholid.

Saat berbicara Minggu 6 November 2022, Kholid menambahkan sampai saat ini NasDem, Demokrat dan PKS masih berusaha mencari titik temu. Hal ini demi tercapainya harapan ketiga partai guna membangun koalisi dalam menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Kholid yakin ketiga partai bakal mencapai kesepakatan terkait hal tersebut.

Kholid mengungkapkan rencana pembentukan Koalisi Perubahan yang beranggotakan Partai NasDem, Partai Demokrat dan PKS semakin mengerucut. Saat ini ketiga partai tengah membahas mekanisme pengambilan keputusan. Termasuk soal kriteria yang tepat untuk mendampingi Capres Anies Baswedan.

Kholid memastikan ketiga partai akan bersepakat untuk berkoalisi jika mekanisme pengambilan keputusan tersebut telah disepakati.

"Kalau kriteria dan mekanisme pengambilan keputusan disepakati, baik PKS, NasDem, dan Demokrat sama-sama berkomitmen untuk menerima hasil keputusan tersebut untuk diputuskan sesuai mekanisme internal partai," katanya.

Kholid menklaim rencana pembentukan Koalisi Perubahan sudah mencapai 90 persen. Proses komunikasi ketiga partai juga berjalan dengan kondusif dalam suasana guyub dan keluargaan.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

X