• Minggu, 29 Januari 2023

Puji Anies Bicara Bahasa Inggirs di Acara G20, Refly Harun: Jauhlah Sama Ahok

- Senin, 14 November 2022 | 16:00 WIB
Anies Baswedan berbicara di Bloomberg NEF Summit, Nusa Dua, Bali, Sabtu 12 November 2022 (Instagram @aniesbaswedan)
Anies Baswedan berbicara di Bloomberg NEF Summit, Nusa Dua, Bali, Sabtu 12 November 2022 (Instagram @aniesbaswedan)

Watyutink.com - Pengamat politik Refly Harun turut berkomentar atas kehadiran mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di acara Bloomberg NEF Summit. Acara yang diselenggarakan di Nusa Dua, Bali, Sabtu 12 November 2022 itu adalah salah satu side event di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 dan B20 yang digelar di lokasi yang sama.

Saat berbicara di Channel Youtube Refly Harun Official, Senin 14 November 2022, Refly memuji penampilan Anies di forum internasional itu. Pakar hukum tata negara itu menyebut Anies berbicara dengan bahasa Inggris yang sangat bagus. Lancar dan tidak terbata-bata.

"Dia berdiskusi bagaimana menata Jakarta, tapi saya tidak tahu ya apa komentar bagi yang tidak menyukai Anies. Tapi in general, ya orang Indonesia bahasanya tak sebaik Anies, kecuali yang anak muda saat ini," ujar Refly.

Mantan Komisaris Utama PT Jasa Marga ini mengungkapkan berbicara dalam bahasa Inggris tentu berbeda dengan bahasa Indonesia. Pasalnya saat berkomunikasi dalam bahasa Inggris, seseorang harus mampu men-deliver atau menyampaikan pesan agar bisa dipahami lawan bicaranya.

Refly menyatakan tidak semua orang bisa melakukan hal tersebut. Namun menurut Refly, Calon Presiden Capres Partai NasDem itu terbukti mampu melakukannya dengan baik.

"Kita juga harus bisa dan mampu men-deliver sesuatu hal sehingga orang lain bisa paham, karena tak semua orang yang memiliki kemampuan bahasa yang baik, tapi Anies punya kemampuan," ungkap Refly.

Dosen iltmu Hukum Universitas Tarumanagara, Jakarta ini pun mengaitkan dengan ucapan Komisaris Utama (Komut) PT Pertamina, Basuki Tjahaja Purnama. Pria yang biasa disapa Ahok itu sempat menyindir seseorang yang dikatakannya 'pintar ngomong' yang memegang Jakarta.

Orang yang dimaksud Ahok itu tak lain adalah Anies Baswedan. Banyak pihak menilai pernyataan itu menunjukkan Ahok masih belum bisa move on dari kekalahan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2017 silam.

Refly menegaskan kemampuan Anies berbicara dalam bahasa Inggris jauh lebih baik ketimbang Ahok. Menurutnya siapa puj bisa menilai mana diantara keduanya yang lebih baik berkomunikasi dalam bahasa Inggris.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

X