• Selasa, 31 Januari 2023

Sebut Miras Minuman Rasulullah, YouTuber Budi Dalton Dilaporkan ke Polisi

- Sabtu, 19 November 2022 | 14:35 WIB
Budi Dalton bersama Entis Sutista atau Sule (Instagram @artgram)
Budi Dalton bersama Entis Sutista atau Sule (Instagram @artgram)

Watyutink.com - YouTuber Budi Setiawan terpaksa berurusan dengan hukum. Hal ini setelah komedian yang dikenal dengan nama Budi Dalton itu membuat komentar yang menyinggung perasaan umat Islam. Dalam sebuah tayangan di kanal YouTube miliknya yang berjudul 'Ngobat', Budi menyebut Miras sebagai Minuman Rasulullah.

Akibat Budi Dalton dilaporkan ke Bareskrim Mabes Polri oleh Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Persaudaraan Alumni (PA) 212 Novel Bamukmin. Budi Dalton dilaporkan dengan dugaan melakukanbtindakan penodaan agama melalui media informasi elektronik.

Dalam laporannya, Novel menyebut Budi Dalton telah melanggar pasal 156a KUHP Jo 27 ayat 3 Jo 28 ayat 2 Jo 40 ayat 2 Jo 40 atas 2 b UU 19 tahun 2016 tentang UU Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). Ucapan Budi Dalton yang menyebut Miras sebagai Minuman Rasulullah menurut Novel telah menghina Nabi Muhammad SAW.

"Budi Dalton patut diduga melakukan penghinaan terhadap Nabi Muhammad SAW dengan menyatakan MIRAS, Minuman Rasulullah dalam akun youtube miliknya (Budi Dalton Channel) dalam acara NGOBAT," ujarnya.

Novel menjelaskan dalam ajaran Islam minuman keras atau miras adalah sesuatu yang diharamkan. Hal tersebu secara tegas dijelaskan dalam Al Quran dan hadis Rasulullah. Novel pun meminta polisi memproses laporannya dan menindak tegas Budi Dalton sesuai aturan yang berlaku.

"Akan tetapi sdr Budi Dalton seolah olah menyatakan bahwa Rasullulah Muhammad SAW meminum minuman keras (Miras). Kami meminta Kepolisian utk menindak tegas sdr Budi Dalton dan mengembangkan perkara ini," tutur Novel.

Mantan Sekjen Front Pembela Islam (FPI) DKI Jakarta itu juga meminta polisi memproses piha-pihak yang terkait dalam video penghinaan terhadap Nabi Muhammad SAW itu. Diantaranya adalag komedian Entis Sutista atau Sule dan Sasongko Widjanarko atau yang dikenal sebagai Mang Saswi.

Kedua komedian tersebut menurut Novel layak diperiksa lantaran ikut tampil dan tertawa dalam video tersebut. Jika memang keduanya turut serta dalam penghinaan terhadap Nabi Muhammad SAW, Novel minta polisi juga memeriksa keduanya.

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

X