• Rabu, 30 November 2022

Gempa Magnitudo 5,6 di Cianjur Terasa Hingga Jakarta, 5 Orang Dilaporkan Meninggal Dunia

- Senin, 21 November 2022 | 14:15 WIB
Ilustrasi gempa bumi
Ilustrasi gempa bumi

Watyutink.com - Gempa dengan magnitude 5,6 mengguncang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada Senin 21 November 2022, sekitar pukul 13.21 WIB. Pusat gempa dilaporkan berada di 10 kilometer barat daya Cianjur dengan kedalaman 10 kilometer.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Suharyanto mengatakan laporan sementara 5 orang meninggal dunia akibat gempa tersebut.

"5 Meninggal," kata Suharyanto.

Hingga pukul 13.50 WIB, BMKG mencatat terjadi 9 kali gemla susulan atau aftershock dengan magnitudo terbesar 4.0. BMKG mengimbau masyarakat menghindari bangunan retak dan tebing yang berpotensi longsor. Selain itu warga diminta selalu waspada akan adanya gempa susulan yang mungkin terjadi.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur Rizal Fatah mengatakan gempa telah menyebabkan kepanikan warga. Masyarakat langsung berhamburan saat guncangan yang cukup kuat dirasakan.

"Masyarakat panik, dan berhamburan keluar bangunan." jelasnya.

Kencangnya guncangan gempa membuat sejumlah barang berjatuhan bahkan sejumlah bangunan terlihat retak dan roboh. Rizal menambahkan, saat ini aliran listrik mati di sejumlah wilayah, diantaranya pusat Kota Kabupaten Cianjur.

"Air galon tumpah, gedung BPBD ada yang retak dan roboh." Ungkapnya.

Sementara itu getaran gempa juga dirasakan kota-kota sekitar Cianjur, seperti Sukabumi, Garut, Bogor, dan Jakarta. Warga ibu kota, terutama yang bekerja di berbagai gedung perkantoran juga turut merasakan getaran. Tak urung hal ini menyebabkan kepanikan sejumlah karyawan dan masyarakat yang beraktivitas.

Salah satunya dirasakan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nawawi Pomolango yang mengaku berada di lantai 15 saat gempa terjadi. Ia pun langung turun dan menuju halaman Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan.

"Lumayan (terasa guncangan gempa) dari lantai 15 berasa banget dibanding sebelumnnya. Ini berasa banget," kata Nawawi.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

X