• Rabu, 30 November 2022

Jokowi Janji Beri Rp50 Juta Tiap Rumah Rusak Akibat Gempa

- Rabu, 23 November 2022 | 09:00 WIB
Presiden Jokowi berbincang dengan korban gempa di Taman Prawatasari, Cianjur, Selasa 21 November 2022 (Instagram @jokowi)
Presiden Jokowi berbincang dengan korban gempa di Taman Prawatasari, Cianjur, Selasa 21 November 2022 (Instagram @jokowi)

Watyutink.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjanjikan bakal memberikan bantuan bagi korban gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Saat meninjau tenda pengungsian di Taman Prawatasari, Selasa 22 November 2022, Jokowi menyampaikan pemerintah akan membantu biaya perbaikan rumah yang rusak akibat gempa yang terjadi pada Senin 20 November 2022 lalu.

Jokowi menjanjikan untuk setiap rumah yang rusak berat akan diberikan bantuan Rp50 juta. Rumah dengan kerusakan sedang mendapat bantuan Rp25 juta dan kerusakan ringan Rp10 juta. Jokowi menyebut pembangunan rumah yang rusak akan segera dilakukan setelah gempa benar-benar reda. Artinya sudah tidak ada lagi gempa susulan.

"Nanti dibantu Rp50 juta yang (kerusakannya) berat, yang sedang Rp25 juta, yang ringan Rp10 juta, ya. Nanti kalau sudah, gempanya sudah tenang, ya, dimulai pembangunan rumah, ya," ujar Presiden Jokowi.

Dalam kunjungan tersebut Jokowi menyempatkan diri membagikan mainan kepada anak-anak di lokasi pengungsian. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga turut membagikan makanan dan sembako kepada para korban.

"Suka ayam, ndak? Ini ayamnya, dimakan ya, masih panas itu," kata Jokowi kepada anak-anak korban gempa, seperti dikutip dari tayangan di kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Usai meninjau korban gempa, Jokowi langsung menggelar rapat terbatas di lokasi pengungsian korban gempa Cianjur. Rapat terbatas dihadiri dMenteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Suharyanto.

Hadir pula Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Bupati Cianjur Herman Suherman

Dalam arahannya Jokowi meminta segera dilakukan upaya membuka lokasi yang masih terisolir. Hal itu guna memudahkan proses evakuasi warga yang berada di daerah-daerah tersebut.

Jokowi juga meminta tenda perawatan darurat ditambah. Baik untuk warga maupun pasien rumah sakit yang terdampak gempa. Selanjutnya setelah keadaan mulai tenang, Jokowi memerintahkan perbaikan infrastruktur fasilitas umum dan rumah warga segera dilakukan.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

X