• Rabu, 30 November 2022

Datuk Seri Anwar Ibrahim Resmi Dipilih Jadi Perdana Menteri Malaysia ke-10

- Kamis, 24 November 2022 | 13:20 WIB

Watyutink.com - Pemimpin oposisi Malaysia, Anwar Ibrahim, secara resmi terpilih menjadi perdana menteri baru Malaysia. Kepastian itu diperoleh setelah Anwar menemui Raja Malaysia Al-Sultan Abdullah di Istana Negara, Selasa (22/11/2022).

Kantor berita Malaysia, BERNAMA, mengatakan dalam akun twitter resminya, Kamis (24/11/2022):

"Agong Berkenan Melantik Datuk Seri Anwar Ibrahim sebagai Perdana Menteri Ke-10 - Istana Negara."

Rencananya,  pengambilan sumpah Perdana Menteri ke-10 akan dilakukan pada jam 17.00 sore hari ini waktu setempat. 

Sebelumnya, eks PM Malaysia Muhyiddin Yasin juga menemui sang raja. Akan tetapi, Muhyiddin keluar tanpa memberikan pernyataan apapun kepada wartawan yang sudah menantinya.

Seperti diketahui, pemilihan umum Malaysia menghasilkan parlemen gantung yang belum pernah terjadi sebelumnya, di mana tak satu pun dari dua kandidat utama PM, Anwar Ibrahim dan Muhyiddin Yasin, memenangkan suara mayoritas untuk membentuk pemerintahan.

Koalisi Barisan Nasional, yang merupakan petahana, menegaskan tidak akan mendukung salah satu kandidat. Ini merupakan sebuah langkah yang akan mencegah Anwar dan Muhyiddin mencapai mayoritas.

Hal ini menyebabkan, secara konstitusional, pemikihan perdana menteri tergantung pada raja. Raja sebenarnya memainkan peran seremonial, tetapi dapat menunjuk siapa pun yang diyakini akan memimpin mayoritas.

"Saya meminta warga Malaysia untuk menerima setiap keputusan tentang pembentukan pemerintahan. Biarkan saya membuat keputusan segera," kata raja kepada wartawan di luar Istana Negara, Selasa (22/11/2022), dikutip Reuters.

Halaman:

Editor: Ahmad Kanedi

Tags

Terkini

X