• Rabu, 30 November 2022

Pemerintah China Siap Kucurkan Bantuan untuk Penanganan Gempa Cianjur

- Kamis, 24 November 2022 | 10:30 WIB
Kabupaten Cianjur, Jawa Barat diguncang gempa magnitudo 5, 6 pada Senin 21 November 2022  (Instagram @bnpb_indonesia)
Kabupaten Cianjur, Jawa Barat diguncang gempa magnitudo 5, 6 pada Senin 21 November 2022 (Instagram @bnpb_indonesia)

Watyutink.com - Pemerintah China menyatakan siap membantu Indonesia dalam penanganan gempa bumi magnitudo 5,6 yang melanda Kabupaten Cianjur, Jawa Barat Senin 21 November 2022. Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China (MFA) Zhao Lijian mengatakan pemerintahnya siap mengucurkan bantuan bagi penanganan gempa yang telah menelan korban 271 orang meninggal itu.

"China siap memberikan dukungan dan bantuan yang diperlukan untuk bencana di Indonesia," kata Zhao Lijian.

Saat memberikan keterangan di Beijing, Rabu 23 November 2022, seperti dikutip dari Antara, Zhao menyebut Presiden China Xi Jinping telah mengirimkan pesan duka cita kepada korban bencana melalui Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) pada Selasa 22 November 2022.

Xi Jinping menurut Zhao mengatakan Indonesia adalah tetangga sekaligus sahabat bagi China. Itu sebabnya negeri Tirai Bambu itu siap memberikan bantuan kepada Indonesia untuk penanganan gempa bumi di Cianjur.

"China dan Indonesia merupakan tetangga yang bersahabat," kata Zhao dalam konferensi pers reguler itu.

Namun Zhao tidak menjelaskan secara rinci jenis bantuan yang akan diberikan. Dalam keterangannya, Zhao menjelaskan Presiden Xi Jinping terkejut mendengar bencana gempa di Indonesia yang menyebabkan jatuhnya korban jiwa dan kerugian material. Atas nama pemerintah dan dan rakyat China, Xi Jinping menyampaikan duka cita dan simpati kepada keluarga korban.

Xi Jinping mengaku yakin pemerintah Indonesia bisa mengatasi dampak bencana gempa bumi. Baik penanganan korban maupun proses pembangunan kembali rumah dan bangunan yang rusak. Pemerintah China menurut Zhao yakin dampak akibat gempa akan segera teratasi oleh pemerintahan Indonesia.

Gempa menyebabkan puluhan ribu warga Cianjur mengungsi karena rumahnya hancur (Instagram @bnpb_indonesia)

Hingga Rabu 23 November 2022 pukul 17.00 WIB, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat korban meninggal dunia akibat gempa bumi di Cianjur, sebanyak 271 orang. Selain itu terdapat 40 orang yang masih dalam pencarian.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

X