• Rabu, 30 November 2022

Cak Imin Ancam Bentuk Poros Baru, Gerindra: Banyak yang Layak Dampingi Prabowo

- Jumat, 25 November 2022 | 11:00 WIB
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Budisatrio Djiwandono (Instagram @budidjiwandono)
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Budisatrio Djiwandono (Instagram @budidjiwandono)

Watyutink.com - Partai Gerindra akhirnya buka suara soal ancaman Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar yang akan membentuk poros baru jika Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto benar-benar berpasangan dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai Calon Wakil Presiden (Cawapres).

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani dalam keterangannya menyebut waktulah yang nantinya bisa menjawab dengan siapa Prabowo akan berpasangan. Namun Muzani tidak memberikan jawaban secara jelas atas ancaman PKB tersebut.

"Ya waktu tentu saja berjalan, nanti akan sama-sama kita ikuti dengan siapa Pak Prabowo akan menjadi presiden, dengan siapa nanti Pak Prabowo akan berpasangan dalam hal memilih wakil presiden," kata Muzani.

Saat berbicara di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin 21 November 2022, Muzani menjelaskan antara Gerindra dan PKB telah sepakat bekerjasama. Hal itu seperti telah dikrarkan pada 13 Agustus 2022 di Sentul, Bogor.

Salah satu keputusan ikrar koalisi adalah kedua partai sama-sama mengajukan ketua umumnya sebagai bakal calon presiden (Capres). Nantinya kedua partai juga akan berunding untuk menentukan siapa yang menjadi Capres dan siapa Cawapres.

"Kedua partai ini mengikatkan diri satu sama lain dalam kerja sama politik di pilpres 2024 untuk menentukan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden," ujar Wakil Ketua MPR RI ini.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Budisatrio Djiwandono menyatakan pihaknya menghormati rencana Cak Imin - sapaan Muhaimin Iskandar - yang akan buat poros atau komposisi baru. Budisatrio mengungkapkan hal itu menunjukkan setiap partai politik memiliki kewenangan masing-masing terkait pencapresan.

Saat berbicara di Gedung Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa 22 November 2022, Budisatrio menegaskan Partai Gerindra tetap pada komitmen awal, yakni menjalin koalisi dengan PKB. Wakil Ketua Komisi IV DPR RI ini mengingatkan kembali soal pasangan Capres-Cawapres akan ditentukan bersama antara Prabowo dan Cak Imin sebagai Ketua Umum kedua partai.

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin (Instagram @cakiminow)

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

X