• Minggu, 29 Januari 2023

DLH DKI Jakarta Kerahkan 500 Pasukan Oranye Bersihkan 31 Ton Sampah Acara Relawan Jokowi

- Minggu, 27 November 2022 | 09:00 WIB
Sampai yang ditinggalkan peserta acara 'Gerakan Nusantara Bersatu' di GBK, Sabtu 25 November 2022  (Twitter)
Sampai yang ditinggalkan peserta acara 'Gerakan Nusantara Bersatu' di GBK, Sabtu 25 November 2022 (Twitter)

Watyutink.com - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta terpaksa harus mengerahkan 500 petugas kebersihan guna membersihkan sampah di sekitar area Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta usai acara acara relawan Jokowi bertajuk 'Gerakan Nusantara Bersatu' Sabtu 26 November 2022.

Sebanyak 31 ton sampah yang sebagian besar berupa plastik dan botol bekas air minum kemasan dikumpulkan oleh petugas yang biasa disebut Pasukan Oranye itu.

Selain itu DLH juga mengerahkan puluhan kendaraan untuk mendukung pasukan oranye. Kendaraan yang diturunkan terdiri dari 28 unit mobil pick up, 14 unit street sweeper atau penyapu jalan dan 10 unit truk pengangkut sampah anorganik.

"Kami mengerahkan 28 unit mobil pick up, 14 unit street sweeper, dan 10 unit truk. Untuk menunjang kegiatan Gerakan Nusantara Bersatu ini kami juga menyediakan 38 unit toilet portable, 2 unit bus toilet VIP, truk tangki air bersih 2 unit, dan truk tangki air kotor 3 unit," ujar Kepala DLH DKI Jakarta Asep Kuswanto.

Saat memberikan keterangan Sabtu 26 November 2022, Asep menyebut semua anak buahnya dikerahkan untuk membersihkan sampah yang ditinggalkan peserta acara 'Gerakan Nusantara Bersatu.' Menurut Asep semua personel, mulai dari Kasudin, Kasatpel, hingga petugas layanan jasa dikerahkan memberikan kawasan GBK.

"Semua terlibat dalam membereskan sampah ini, baik dari kasudin, kasatpel, hingga petugas jasa layanan perorangan semua terlibat," katanya.

Asep menambahkan selama acara 'Gerakan Nusantara Bersatu' berlangsung, DLH DKI menyediakan 38 toilet keliling, 2 bus toilet VIP, 2 truk tangki air bersih dan 3 truk tangki air kotor. Petugas DLH juga selalu berjaga di setiap titik. Sehingga setelah acara selesi, proses pembersihan bisa segera dilaksanakan.

"Pasukan kita selalu standby, tiap titik ada yang berjaga dan akan siap bergerak begitu kegiatan apapun selesai," kata Asep.

Presiden Jokowi saat berpidato di acara Gerakan Nusantara Bersatu di Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Sabtu 26 November 2022. (Twitter )

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

X