• Minggu, 29 Januari 2023

Tak Tegas Larang Teriakan Presiden 3 Periode, Pengamat: Jokowi Tunjukkan Sifat Kemunafikan

- Senin, 28 November 2022 | 14:00 WIB
Gaya Presiden Jokowi saat berpidato di acara Gerakan Nusantara Bersatu di Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Sabtu 26 November 2022.  (Twitter )
Gaya Presiden Jokowi saat berpidato di acara Gerakan Nusantara Bersatu di Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Sabtu 26 November 2022. (Twitter )

Watyutink.com - Pengamat politik Dedi Kurnia Syah menilai Presiden Joko Widodo (Jokowi) sedang menunjukkan sifat kemunafikan dalam dirinya. Hal itu terlihat saat Jokowi memberikan pidato saat menghadiri acara 'Gerakan Nusantara Bersatu' di Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta Sabtu 26 November 2022.

Dedi menyebut Jokowi terlihat munafik lantaran tidak menunjukkan sikap yang tegas terhadap seruan Presiden 3 Periode yang diteriakkan para relawan. Seharusnya menurut Dedi, Jokowi memberikan teguran atau bahkan tegas melarang kelompok relawan pendukungnya melontarkan teriakan mendukung Presiden 3 Periode.

Saat memberikan komentar Minggu 27 November 2022, Dedi menyebut Jokowi bisa saja dianggap sebagai 'dalang' dari isu Presiden 3 Periode. Pasalnya Jokowi tidak melarang pendukungnya terus-terusan menggulirkan isu tersebut hingga menjadi polemik di masyarakat. Dedi pun mengatakan presiden 3 periode dan narasi rambut putih yang dilontarkan Jokowi sungguh tidak rasional.

"Tiga periode dan karakteristik rambut putih tersebut tidak rasional. Presiden bisa dianggap sebagai dalangnya jika tidak tegas melarang, terlebih pada relawannya sendiri," tuturnya.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) ini berpendapat sikap Jokowi it's telah memalukan negara Indonesia yang menganut sistem demokrasi. Pasalnya Undang-Undang (UU) secara tegas mengatur presiden menjabat selama 2 periode.

"Gerakan tersebut dipelihara. Jadi, Jokowi memang menunjukkan kemunafikan itu," ujar Dedi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga dianggap tidak mengerti posisinya sebagai kepala negara. Hal itu tercermin dari tindakan Jokowi yang mengajak relawan memilih pemimpin dengan ciri fisik yang mengarah pada salah satu figur yang banyak disebut bakal ikut bertarung dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Sebelumnya, saat mengikuti acara 'Gerakan Nusantara Bersatu' di GBK, Senayan, Jakarta, Sabtu 26 November 2022, relawan pendukung Jokowi banyak yang meneriakkan dukungan agar masa jabatan presiden diperpanjang dari 2 menjadi 3 periode. Teriakan terdengar sejak Jokowi memasuki lokasi acara.

Saat Jokowi mulai berpidato, teriakan 3 Periode terus terdengar. Alih-alih melarang, mantan Wali Kota Surakarta, Jawa Tengah ini justru menghampiri, melambaikan tangan dan tersenyum ke arah relawan.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

X