• Minggu, 29 Januari 2023

Pengamat Sebut KIB Bakal Ditinggal Kader Jika Paksakan Usung Ganjar jadi Capres

- Senin, 28 November 2022 | 16:30 WIB
Kader PAN mendeklarasikan berdirinya Amanat Indonesia sebagai wadah untuk mendukung Anies Baswedan di Pilpres 2024 (Instagram @amanatindonesia)
Kader PAN mendeklarasikan berdirinya Amanat Indonesia sebagai wadah untuk mendukung Anies Baswedan di Pilpres 2024 (Instagram @amanatindonesia)

Watyutink.com - Keberadaan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dikabarkan mulai goyah. Hal ini setelah tersiar kabar koalisi yang beranggotakan Partai Golkar, PPP dan PAN itu bakal mengusung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai Calon Presiden (Capres) yang akan bertarung dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Pengamat politik Jamaluddin Ritonga menyebut rencana itu sangat berisiko. Partai anggota KIB menurut Jamaluddin bisa ditinggal para kadernya, terutama dari akar rumput jika memaksakan diri mengusung Ganjar.

Saat memberikan komentar, Jumat 25 November 2022, Jamaluddin mengatakan kader menginginkan KIB mengusung Capres yang berasal dari internal partai anggota koalisi. Sedangkan Ganjar Pranowo diketahui adalah kader PDIP.

"Keinginan itu akan membuat KIB semakin ditinggalkan kader partai yang berkoalisi. Mereka akan kecewa berat karena tidak mengusung sesama kader,”ujar Jamiluddin.

Dosen Universitas Esa Unggul ini menambahkan, jika KIB tidak mengusung Capres dari internal, kader akan menduga koalisi dibentuk hanya untuk memenuhi kepentingan kelompok tertentu saja. Hal inilah yang menurut Jamaluddin bisa membuat kader kecewa.

Kekecewaan itu lanjut Jamaluddin bisa berujung kader mencari figur lain yang layak didukung. Prediksi tersebut terbukti dengan munculnya kader PAN yang menyatakan dukungan kepada mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Beberapa kader PAN pada Kamis 17 November 2022 mendirikan Amanat Indonesia. Organisasi yang disingkat menjadi ANIES itu dibentuk sebagai wadah bagi kader PAN yang ingin mendukung Anies dalam mengikuti kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Koordinator Amanat Indonesia Sahrin Hamid mengatakan Amanat Indonesia adalah wadah perjuangan komunitas atau kerelawanan untuk mendukung Anies Baswedan sebagai calon presiden RI 2024.

“Komunitas amanat Indonesia terdiri dari entitas pendiri PAN, mantan anggota DPR RI, pimpinan PAN, pengurus, kader, dan Simpatisan PAN,” Sahrin.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

X