• Minggu, 29 Januari 2023

Jokowi Ajukan KSAL Laksamana Yudo Margono jadi Calon Tunggal Panglima TNI

- Selasa, 29 November 2022 | 09:00 WIB
KSAL Laksamana Yudo Margono jadi Calon Tunggal Panglima TNI  (Instagram @yudo_margono88)
KSAL Laksamana Yudo Margono jadi Calon Tunggal Panglima TNI (Instagram @yudo_margono88)

Watyutink.com - Laksamana Yudo Margono resmi menjadi calon Panglima TNI. Bahkan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) itu menjadi calon tunggal untuk menggantikan Jenderal Andika Perkasa yang akan pensiun pada 21 Desember 2022. Kepastian pencalonan Laksamana Yudo Margono menjadi Panglima TNI diumumkan Ketua DPR RI Puan Maharani pada Senin 28 November 2022 sore.

Puan mengatakan keputusan pencalonan Laksamana Yudo sesuai dengan Surat Presiden (Surpres) tentang pergantian Panglima TNI yang diterima DPR dari pemerintah melalui Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno pada hari yang sama.

“Saya akan mengumumkan nama yang diusulkan menggantikan Panglima Jenderal Andika Perkasa adalah, ini sesuai yang ada di dalam surat ya, adalah Laksamana Yudo Margono yang sekarang menjabat sebagai KSAL,” kata Puan saat memberikan keterangan pers di Gedung DPR, Senayan, Jakarta.

Puan menerangkan Laksamana Yudo selanjutnya akan mengikuti prosedur atau mekanisme sebelum resmi menjadi orang nomor 1 di jajaran Tentara Nasional Indonesia (TNI). Salah satunya adalah uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test yang dilakukan Komisi I DPR yang mempunyai lingkup tugas di bidang pertahanan, luar negeri, komunikasi dan informatika, dan intelijen.

“Artinya, Bapak Laksamana Yudo bisa segera mengikuti proses dan mekanisme yang ada di DPR untuk mengikuti fit and proper test,” kata Puan.

Ketua DPP PDIP ini menegaskan Surpres yang diterima hari ini tidak ada perubahan. Meski sempat mengalami keterlambatan beberapa hari, Puan memastikan tidak ada perubahan nama calon Panglima TNI yang diusulkan.

"Surpres baru saya terima hari ini, tidak ada pengambilan surat kembali atau wacana merubah nama yang sudah ada. Tidak ada sama sekali. Nama yang diusulkan oleh Presiden untuk menggantikan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa adalah KSAL Laksamana Yudo Margono," ujar Puan.

Seperti diketahui Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa akan memasuki masa pensiun pada 21 Desember 2022. Sesuai aturan yang berlaku, Presiden Jokowi harus segera mengajukan nama Calon Panglima TNI yang baru.

Berdasarkan Undang-Undang (UU) TNI pasal 13 ayat 4, Panglima dapat dijabat secara bergantian oleh Perwira Tinggi aktif dari tiap angkatan yang sedang atau pernah menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan.

Saat ini terdapat 3 perwira tinggi yang masuk dalam persyaratan tersebut, yakni Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono, dan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

X